Salin Artikel

Kota Bandung Dingin 5 Hari Terakhir, Begini Penjelasan BMKG

Prakirawan Muhamad Iid Mujtahidin menjelaskan bahwa berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di stasiun Geofisika saat ini suhu udara minimum absolut di Kota Bandung dalam kurun 5 hari terakhir adalah 18,2 derajat celcius.

"Masih relatif normal. Memang pada tahun ini periode musim kemarau di wilayah Bandung Raya yang diprediksi secara umum bulan Mei-Juni  masih di sertai adanya pembentukan awan-awan hujan," jelas Iid melalui pesan singkat, Rabu (23/6/2021).

1. Suhu permukaan laut lebih hangat

Salah satu dari faktor regionalnya, kata Iid, adanya kecenderungan suhu permukaan laut di sekitar perairan Jawa Barat yang relatif hangat sehingga berpotensi terhadap pembentukan awan-awan hujan.

2. Kelembapan tinggi

"Penyebab lain, prediksi kelembapan di ketinggian menengah cenderung basah dan ini menyebabkan masih ada potensi hujan. Sehingga kondisi cuaca akan terasa sedikit dingin dengan adanya potensi yang terjadi," jelasnya.

3. Karakteristik suhu musim kemarau

Menurutnya, karakteristik suhu udara selama periode musim kemarau memang relatif lebih dingin dibandingkan pada periode musim hujan. Hal ini dipengaruhi kondisi suhu dingin di wilayah benua Australia.

4. Kondisi suhu benua Australia

"Karena dipengaruhi oleh kondisi suhu di wilayah Benua Australia yang mengalami musim dingin. Pada tanggal 27-28 Juni 2021 diprediksi suhu udara sedikit ada penurunan di wilayah Australia bagian utara," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/23/093341978/kota-bandung-dingin-5-hari-terakhir-begini-penjelasan-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke