Salin Artikel

Ridwan Kamil: Varian Delta Sudah Masuk Jabar, Muncul di Karawang dan Depok

"Berita paling penting dan baru adalah varian Delta sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus tetap waspada, hadir di Karawang dan Kota Depok berdasarkan kajian whole genom sequencing (WGS) yang dilakukan oleh Labkesda dan ITB," kata Emil, sapaan akrabnya.

Dengan begitu, Emil pun meminta masyarakat untuk waspada dan meningkatkan ketaatan dalam penerapan protokol kesehatan. Sebab, ia menyebut varian tersebut punya tingkat penularan lebih cepat.

"Sehingga menandakan varian ini penularannya akan lebih cepat dari varian sebelumnya. Mudah-mudahan dengan berita ini kita tingkatkan kewaspadaan kita. Mohon kepada masyarakat dengan kehadiran varian delta di Jabar maka prokes 5M lebih ditingkatkan dan diakselerasi," paparnya.

Sebelumnya, beredar luas surat edaran dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menemukan sampel Covid-19 varian Delta dari India di Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Dalam surat edaran yang tersebar itu, LIPI pun mengeluarkan surat edaran agar warga bekerja dari rumah saja.


Varian Delta masuk Jabar, warga diminta di rumah saja 21-25 Juni 2021

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI tersebut bernomor B-3103/III/KP.06.01/6/2021 yang diteken di Cibinong pada 18 Juni 2021.

Dalam surat edaran LIPI, Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI Dr Atit Kanti menyebutkan, temuan varian Delta Covid-19 dari sampel di Karawang ini berdasarkan hasil whole genom sequencing (WGS) yang dilakukan oleh tim peneliti Covid-19 di LIPI.

Atit juga meminta masyarakat untuk bekerja dari rumah saja (work from home) selama satu minggu mulai 21 Juni-25 Juni 2021, kecuali untuk sesuatu yang sangat mendesak.

"Mohon untuk tidak keluar rumah dan disiplin prokes 5M," ujar Atit dalam surat edaran LIPI tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/134533878/ridwan-kamil-varian-delta-sudah-masuk-jabar-muncul-di-karawang-dan-depok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke