Salin Artikel

Awali Haul Bung Karno, 6 Agama Gelar Doa di Makam Sang Pejuang Keragaman Kebudayaan Nusantara

Doa bersama lintas agama tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara tahunan Bulan Bung Karno setiap Juni. Adapun pada bulan itu Bung Karno lahir dan wafat.

Momen Haul, peringatan hari meninggalnya Bung Karno yang wafat pada 21 Juni 1970, biasanya merupakan puncak dari Bulan Bung Karno.

"Sudah tradisi setiap tahun kita laksanakan doa lintas agama mengawali Haul Bung Karno. Doa dilaksanakan oleh pemeluk Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu, dan Islam," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman Prasetyono, Minggu (20/6/2021).

Tri mengatakan, karena masih dalam situasi pandemi, doa dilakukan dengan pembatasan, yaitu jumlah, waktu, dan jarak antarpeserta.

Setiap sesi doa, ujarnya, dibatasi dengan jumlah tidak lebih dari 15 peserta.

Pelaksanaan doa di dalam pagar Makam Bung Karno itu dimulai sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 13.00 WIB setelah sebelumnya dilakukan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran sejak pukul 5 pagi.

Tri mengatakan, pelaksanaan doa lintas agama tidak dapat dilepaskan dari peran Soekarno sebagai peletak dasar nilai dan ideologi berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi toleransi beragama sehingga persatuan dan solidaritas bangsa terjaga.

Tidak hanya toleransi beragama, ujar Tri, Soekarno juga salah satu pejuang pluralisme kebudayaan bangsa.

Tri melanjutkan, Haul Bung Karno akan dilanjutkan sore ini dengan selamatan di Istana Gebang, rumah keluarga besar Bung Karno di Jalan Sultan Agung, Kota Blitar.

Puncaknya, ujarnya, adalah peringatan Haul Bung Karno malam ini di Gedung Balai Kota Kusumo Wicitro di Jalan Sodanco Supriadi, Kota Blitar.

Bulan Bung Karno diselenggarakan Pemerintah Kota Blitar setiap tahun setelah Reformasi 1998.

Namun tahun lalu, Bulan Bung Karno ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Tahun ini, Bulan Bung Karno kembali digelar meski dengan sejumlah pembatasan terkait pengendalian penyebaran Covid-19. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/072554978/awali-haul-bung-karno-6-agama-gelar-doa-di-makam-sang-pejuang-keragaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke