Salin Artikel

Bangun RS Indonesia di Palestina, MUI Kota Ambon Sumbang Rp 338 Juta

Dana yang terkumpul dari warga Ambon hingga penggalangan ditutup pada 12 Juni 2021 lalu sebesar Rp 338.237.700.

Ketua MUI Kota Ambon, Muhammad Rahanyantel mengatakan, aksi penggalangan dana pembangunan masjid Indonesia di Palestina dilakukan MUI Kota Ambon berdasarkan surat edaran dari MUI pusat.

“Ada kerjasama MUI Pusat dengan pemerintah Kota Hebron untuk pembangunan rumah sakit indonesia di Palestina, jadi MUI mengeluarkan surat edaran kepada seluruh MUI di daerah untuk menggalang dana,” ungkapnya, Jumat (18/6/2021).

Ia mengatakan, aksi penggalangan dana itu murni untuk tujuan kemanusiaan.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa penggalangan dana ini bertujuan untuk kemanusiaan untuk membantu rakyat Palestina tidak hanya yang beragama Islam tapi juga Kristiani dan Yahudi yang ada di Palestina,” ungkapnya.

Sekretaris MUI Kota Ambon, Sulaiman Wasahua mengatakan, seluruh dana yang terkumpul itu rencananya akan disalurkan melalui MUI Pusat di Jakarta.

“Kita sudah rapat dengan pimpinan MUI kecamatan dan keputusannya itu akan disalurkan pada Senin pekan depan. Jadi nanti ada perwakilan dari MUI Kota Ambon dan MUI Provinsi Maluku yang membawakan langsung ke MUI Pusat,” ungkapnya.


Ia menambahkan, dari semua MUI di Indonesia yang melakukan penggalangan dana sumbangan masyarakat Kota Ambon menjadi yang paling banyak se-Indonesia.

“Dari semua MUI yang galang dana MUI Kota Ambon yang paling tinggi, MUI lainnya itu umumnya tidak sampai Rp 100 juta. Karena itu atas nama MUI Kota Ambon kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ambon,” katanya.

Ia mengaku, dana itu tidak hanya berasal dari warga muslim Kota Ambon tapi juga melibatkan warga non muslim.

“Jadi komunitas lain juga ikut membantu seperti yang dilakukan di Kecamatan Teluk Ambon, ada komunitas lintas agama  yang ikut menyumbang dan membantu menggalng dana,” katanya.

Mewakili MUI Kota Ambon, Sulaiman menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Kota Ambon atas bantuannya kepada pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina.

“Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada sleuruh masyarakat Ambon yang telah menyumbang, semoga apa yang dilakukan menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/183850378/bangun-rs-indonesia-di-palestina-mui-kota-ambon-sumbang-rp-338-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke