Salin Artikel

Soal RSUD Sumedang Tak Terima Pasien Umum, Ini Jawaban Satgas Covid-19

SUMEDANG, KOMPAS.com - RSUD Sumedang diisukan tidak menerima pasien umum, selain pasien Covid-19.

Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten, Sumedang Iwa Kuswaeri mengatakan informasi yang beredar di tengah masyarakat ini perlu diluruskan.

"Informasi yang menyatakan RSUD Sumedang tidak menerima pasien umum, ini hanya berlaku untuk pasien IGD saja. Pasien poli rawat jalan akan dilayani seperti biasa sesuai prosesur yang berlaku," ujar Iwa kepada Kompas.com, di Sumedang pada Jumat (18/6/2021).

Iwa menuturkan, jika masyarakat menerima informasi bahwa RSUD Sumedang tidak menerima pasien umum, itu hanya untuk pasien Instalasi Gawat Darurat (IGD), yang tidak memiliki rujukan dari fasilitas kesehatan.

"Hal ini dikarenakan saat ini, IGD penuh dengan pasien suspek Covid-19. Banyak antrean pasien dengan suspek Covid-19 di rumah menunggu penjemputan oleh Pusat Layanan Kesehatan Terpadu (PLKT) 119, dan agar pasien suspek Covid-19 tidak tercampur dengan pasien tanpa Covid-19," tutur Iwa.

Iwa menyebutkan, saat ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Di mana dalam lima hari terakhir, tercatat terjadi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, paling sedikit 50 kasus baru di Sumedang.

"Terdapat tiga klaster yang memicu terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Sumedang. Klaster perkantoran dari keluarga aparatur sipil negara (ASN), klaster wisata, dan klaster hajatan," sebut Iwa.

Iwa menambahkan, dengan terus bertambahnya kasus harian Covid-19 ini, Pemkab Sumedang telah memberlakukan kembali Work From Home (WFH) dari 50 persen menjadi 75 persen.

"WFH berlaku di seluruh perkantoran pemerintahan dan swasta sebesar 75 persen. Mereka yang bekerja seperti biasa hanya diperbolehkan paling banyak 25 persen, itu pun dengan prosedur protokol kesehatan yang lebih ketat," ujar Iwa.

Iwa mengatakan, pengawasan juga akan kembali dimasifkan hingga ke tingkat desa.

"Kami mengimbau masyarakat untuk lebih disiplin lagi dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Iwa.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/183514378/soal-rsud-sumedang-tak-terima-pasien-umum-ini-jawaban-satgas-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke