Salin Artikel

Pembuatan Konten Komersial di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Dikenakan Tarif

KOMPAS.com - Pembuatan konten komersial baik berupa video maupun foto di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dikenakan tarif.

Pihak TNBTS akan menarik biaya administrasi bagi siapa pun yang membuat konten komersial di wilayahnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yoga Pratomo.

"Iya, kemarin ada kejadian seorang fotografer mau bikin foto prewedding. Nah, waktu itu dia diminta bayar Rp 250.000. Dia enggak tahu ada aturan mengenai ticketing berbau komersial, akhirnya dia turun lagi," ungkap Yoga Pratomo, seperti dilansir Surya.co.id, Jumat (18/6/2021).

Yoga mengatakan, aturan ini sebenarnya sudah lama, dan tertuang pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Kehutanan.

Karena itu, pengunjung yang akan melakukan kegiatan dokumentasi bersifat komersial wajib mengantongi SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi).

Caranya, pengunjung mengajukan permohonan ke kepala seksi wilayah dengan membawa identitas diri.

Setelah itu, pemohon melakukan pembayaran, lalu akan diberikan kuitansi bukti pembayaran oleh pihak TNBTS.


"Ini berlaku yang komersial saja ya, misalkan konten kreator bikin foto prewedding, bikin film atau liputan untuk tayangan program acara tv. Tapi, kalau untuk pengunjung biasa tidak kok," ujar dia.

Yoga berharap para konten kreator memahami pemberlakuan aturan tersebut.

Untuk itu, ia mengimbau para pengunjung selalu menyampaikan maksud dan tujuan kepada penjaga loket di Desa Burno, ketika hendak memasuki kawasan TNBTS.

"Sampaikan maksud dan tujuan agar dapat diketahui pengenaan biaya tiketnya," pungkas dia.

--------------------

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul, "Penting Diketahui, Pembuat Konten Komersial di Kawasan TNBTS Dikenakan Tarif" (SURYA.CO.ID/TONY HERMAWAN)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/171026878/pembuatan-konten-komersial-di-taman-nasional-bromo-tengger-semeru-dikenakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke