Salin Artikel

Bupati Maluku Tengah: Kami Sudah Perintahkan Warga yang Tinggal di Pinggir Pantai Mengungsi

Imbauan itu disampaikan Bupati Abua setelah adanya peringatan potensi gempa susulan dan tsunami yang dikeluarkan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Saat ini kami sudah perintahkan warga yang tinggal di pinggir pantai untuk mengungsi di dataran yang tinggi,” kata Abua kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Rabu.

Abua menjelaskan, imbauan mengungsi dikeluarkan untuk menghindari bencana susulan seperti tsunami.

“Karena ada potensi, kalau dari BMKG itu dia katakan ada potensi tsunami untuk itu kita sudah perintahkan agar masyarakat yang tinggal di pinggir pantai itu untuk mereka mengungsi ke dataran yang agak tinggi,” ungkapnya.

Selain warga di Kecamatan Tehoru, Abua mengimbau warga di Kota Masohi yang tinggal di pesisir pantai untuk mengungsi ke tempat aman sementara waktu.

“Jadi kita harus antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan walaupun (pusat gempa) terjadi di Tehoru tapi lebih baik kita antisipasi semua,” ujarnya.

Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo yang mengguncang wilayah itu juga ikut dirasakan kuat di Masohi, Ibu Kota Maluku Tengah.


Sejumlah warga di kawasan pesisir Masohi, seperti Apui, Lesane, dan Telaga Kodok, telah meninggalkan rumah mereka. Mereka mengungsi ke dataran tinggi.

Salah satu warga Apui, Kota Masohi, Arif mengaku mengungsi ke rumah saudaranya yang berada di ketinggian.

“Kita sekeluarga malam ini sudah mengungsi ke rumah saudara, ada banyak warga juga yang sudah pergi mengungsi,” kata Arif saat dikonfirmasi Kompas.com via telepon seluler.

Berdasarkan data BPBD Maluku Tengah, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 itu merusak puluhan rumah warga di Kecamatan Tehoru. BPBD Maluku tengah masih terus mendata kerusakan akibat gempa.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/16/192754078/bupati-maluku-tengah-kami-sudah-perintahkan-warga-yang-tinggal-di-pinggir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke