Salin Artikel

Marinir Indonesia dan Amerika Bebaskan Sandera dari Teroris dalam Latihan di Pantai Pancer

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Korps Marinir Indonesia dan Marinir Amerika Serikat melanjutkan latihan gabungan.

Kali ini, latihan dengan materi pembebasan sandera yang ditawan oleh teroris, di Pantai Pancer, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (15/06/2021).

Dalam skenarionya, Pantai Pancer saat itu sepi dari aktivitas nelayan membongkar ikan hasil tangkapan.

Pantai di pesisir selatan Banyuwangi ini sepi karena telah dikuasai oleh kelompok teroris yang menyandera Duta Besar Amerika untuk Indonesia Mr Galih Broughman.

Duta Besar Amerika ini disandera pada saat perjalanan kunjungan kerja ke wilayah Banyuwangi.

Dengan adanya kejadian itu, kedua negara memutuskan melakukan operasi penyelamatan bersama.

Prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL bekerja sama dengan prajurit United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit mendapat perintah membebaskannya.

Prajurit Intai Amfibi di bawah pimpinan Lettu Marinir Adzami Patriot membuat rencana pembebasan sandera, USMC yang dipimpin Captain Nicholas Paparella.

Pembebaskan lalu dilakukan melalui operasi darat dan udara dengan menggunakan pesawat Heli Bell-412/HU-4206.


Sempat terjadi baku tembak dengan kelompok teroris saat pasukan gabungan mendekati markasnya yang berada di Pancer.

Dengan kemampuannya sebagai pasukan khusus, prajurit Marinir kedua negara berhasil melumpuhkan anggota kelompok teroris.

Mereka berhasil membebaskan Duta Besar Amerika yang disandera.

Kemudian, diamankan dengan cara stabo (pemindahan pasukan secara cepat) menggunakan Heli Bell-412/HU-4206 milik Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Surabaya.

"Kejadian tersebut merupakan skenario latihan berganda (full mission profile) yang merupakan materi puncak dalam Latihan bersama bersandi Reconex 21-II, sejak 3 Juni 2021," kata Dansatgaslat Letkol Mar Supriyono, melalui keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Ia menjelaskan, latihan full mission profile merupakan gabungan dari materi yang dilatihkan dalam Reconex 21-II yaitu menembus gelombang, long range navigation, renang rintis, konfirmasi pantai pendaratan, jungle patrol, close quarter battle (CQB), fastrope, stabo, menembak dan survival.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/15/163915578/marinir-indonesia-dan-amerika-bebaskan-sandera-dari-teroris-dalam-latihan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke