Salin Artikel

KPU Tetapkan Al Haris-Abdullah Sani Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Terpilih

Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan di Jambi menjelaskan, pelaksanaan rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih tersebut setelah paslon nomor urut 03 meraih suara terbanyak pada pada pemungutan suara ulang (PSU) yang dilaksanakan di 88 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kecamatan dalam lima kabupaten setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan gugatan hasil pilkada di Jambi.

Subhan mengatakan, paslon nomor urut 03 meraih 600.733 suara, paslon nomor urut 01 memperoleh 587.918 suara, dan paslon nomor urut 02 meraih 381.634 suara.

Setelah penetapan paslon terpilih, kata dia, hasil rapat tersebut akan disampaikan ke DPRD Provinsi Jambi.

Dewan kemudian bakal menjadwalkan pelantikan paslon gubernur/wakil gubernur terpilih.

"Tahapan pelantikan sudah bukan wewenang KPU Provinsi Jambi," kata Subhan dikutip dari Antara, Sabtu (12/6/2021).

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengatakan, pilkada di provinsi ini berjalan dengan proses yang cukup lama.


Ia berharap gubernur/wakil gubernur yang baru kelak dapat melanjutkan program pembangunan yang berjalan dengan baik.

Al Haris mengatakan, pemilihan kepala daerah di provinsi ini berjalan dengan aman dan lancar, baik pada saat pilkada 9 Desember 2020 maupun PSU pada tanggal 27 Mei 2021.

Menurut calon gubernur terpilih itu, yang jauh lebih penting adalah pelaksanaan pilkada pada masa pandemi Covid-19 tidak menimbulkan klaster baru.

"Kami juga berharap kebersamaan dari masing-masing tim sukses untuk membangun Jambi menjadi lebih baik lagi," kata Al Haris.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/14/070643478/kpu-tetapkan-al-haris-abdullah-sani-gubernur-dan-wakil-gubernur-jambi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke