Salin Artikel

Semasa Hidup, Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong Dikenal Low Profile dan Dermawan

MANADO, KOMPAS.com - Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong meninggal dunia saat perjalanan pulang dari Bali menuju Manado via Makassar pada Rabu (9/6/2021).

Anggota DPRD Sulut dari daerah pemilihan Nusa Utara (Sangihe, Sitaro, Talaud), Ronald Sampel melihat sosok Helmud sebagai orang yang rendah hati dan suka membantu masyarakat.

"Paling utama saya mengenal Embo Helmut, dia orangnya low profile, orangnya sangat baik. Kepribadiannya itu yang sangat menyentuh di hati masyarakat," kata Ronald saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (11/6/2021) malam.

Politisi Demokrat itu menyebutkan, almarhum Helmud sangat sering turun langsung ke masyarakat.

"Suka bersosialisasi dengan masyarakat. Dia sangat merakyat," ujarnya.

Menurut dia, salah satu faktor Helmud Hontong terpilih anggota DPRD dua periode hingga terpilih Wakil Bupati, itu karena sifatnya yang rendah hati.

"Apalagi dia suka membantu masyarakat yang lagi kesusahan," sebutnya.

Ronald teringat waktu Helmud menjabat anggota DPRD. Saat itu almarhum banyak membantu masyarakat terutama di rumah sakit.

"Misalnya ada orang masuk rumah sakit dan tidak ada biaya, dia (Helmud) bantu, bahkan dia pergi langsung menjenguk. Begitu pula jika ada kedukaan, mau duka di mana dia pergi, dia tidak memandang orang walaupun tidak memilihnya tetap dia bantu. Hal itulah membuat masyarakat Sangihe cinta sekali kepada Helmud," kata Ronald.

"Intinya torang (kami) orang Sangihe sangat kehilangan putra daerah ini," tambahnya.

Helmud dikenal lahir dari keluarga yang sederhana. Apa yang dicapainya sekarang merupakan hasil kerja keras yang telah dilakukannya selama ini.

"Dia merintis karirnya sungguh luar biasa, dari merangkak dia itu. Dia berjuang dari bawah, bersosialiasi dengan masyarakat sampai masyarakat jadi sangat cinta sama dia," kata Ronald.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Kabupaten Sangihe Abner Menaung mengatakan, jenazah Helmud saat ini disemayamkan di Rumah Dinas Wakil Bupati Sangihe.

"Dari pagi sampai saat ini masih dilakukan ibadah-ibadah penghiburan," sebutnya.

Rencananya, jenazah Wakil Bupati Sangihe akan dimakamkan di samping rumah pribadinya, Kelurahan Manente, Kecamatan Tahuna, pada Senin (14/6/2021) sekitar 14.00 Wita.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong meninggal dunia saat perjalanan pulang dari Bali menuju Manado via Makassar, Rabu (9/6/2021).

Helmud Hontong menumpangi pesawat Lion Air JT-740.

Almarhum sudah cukup lama berkecimpung di dunia politik.

Dia pernah menjabat anggota DPRD Sangihe selama dua periode.

Kemudian pada 2017, Helmud dilantik menjadi Wakil Bupati Kepulauan Sangihe hingga saat ini.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/11/224051078/semasa-hidup-wakil-bupati-sangihe-helmud-hontong-dikenal-low-profile-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke