Salin Artikel

Langka, Dua Jenis Bunga Rafflesia Sedang Mekar di Hutan Bengkulu

KOMPAS.com - Kabar gembira datang dari pelosok hutan di Provinsi Bengkulu. Dua jenis bunga langka Rafflesia sp, yaitu Rafflessia arnoldi dan Rafflesia kemumu sedang mekar.

Kedua jenis bunga itu berada di Kawasan Hutan Lindung Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Boven Lais Palak Siring, Kabupaten Bengkulu Utara.

"Saat ini ada dua bunga rafflesia yang mekar di dua kabupaten di Bengkulu dan keunikan bunga ini masih dapat dinikmati hingga beberapa hari ke depan," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian, Kamis (10/6/2021), di Bengkulu, 

Untuk melihat bunga Rafllesia kemumu, para pengunjung harus berjalan kaki selama lebih kurang 30 menit dari pintu masuk Kawasan Wisata Palak Siring.

"Di kawasan wisata Kemumu sudah banyak bunga rafflesia yang mekar bergantian karena ada beberapa titik habitat, termasuk yang sedang mekar saat ini jenis Rafflesia kemumu," kata Dani Umbara, salah satu pengurus KPPL Bengkulu Utara, dilansir dari Antara.

Dani berharap, dengan mekarnya bunga langka itu akan menarik pengunjung, khususnya pemerintah.


Saat ini, menurut Dani, kondisi hutan habitat bunga rafflesia sangat memprihatinkan.

"Kondisi huta habitat rafflesia sebagai ikon Bengkulu saat ini sangat memprihatinkan karena itu semua pihak perlu memberikan perhatian dan perlindungan," ujar Dani.

Dani juga mengingatkan, masyarakat yang ingin berkunjung dan melihat langsung mekarnya bunga rafflesia bisa datang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/11/094927878/langka-dua-jenis-bunga-rafflesia-sedang-mekar-di-hutan-bengkulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke