Salin Artikel

Satgas Covid-19 Sebut Klaster Sidodowo Terkendali, Lamongan Kembali ke Zona Kuning

Koordinator bidang Preventif Promotif Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan Taufiq Hidayat mengatakan, klaster di desa itu terkendali berkat koordinasi yang baik antara Pemkab Lamongan, Polri, TNI, Satgas, dan masyarakat.

"Setelah diketahui lonjakan kasus Covid-19 di Desa Sidodowo, Satgas segera bertindak cepat. Rapat terbatas antara Bupati Yuhronur Efendi, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono dan Kapolres AKBP Miko Indrayana dilakukan, dan segera melakukan peninjauan ke lapangan di hari yang sama," ujar Taufiq melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Setelah mengamati kondisi di lapangan, pimpinan satgas menggelar apel kesiapsiagaan penerapan PPKM mikro yang diikuti seluruh unsur terkait di Lamongan.

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Yuhronur sebagai Bupati dan juga ketua Satgas penanganan Covid-19 Lamongan, sempat memberikan instruksi untuk mengoptimalkan satgas di desa-desa.

Ia juga meminta supaya PPKM Mikro terus diperkuat dan tidak boleh kendor, sementara penyekatan harus dilakukan secara masif.

Selain itu, operasi protokol kesehatan harus dilakukan tidak hanya di kota, tetapi hingga pelosok desa.

Hal ini bertujuan sebagai pencegahan dini, guna meminimalisir dan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Lamongan.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengerahan 225 personel gabungan dari unsur TNI, kepolisian, dan Satpol PP ke Desa Sidodowo.


Tenaga medis dan ambulans juga disiapkan untuk tracing dan pengobatan warga di desa itu.

"Selama penyekatan dan isolasi mandiri yang dilakukan sejak 4 Juni 2021, kebutuhan sembako untuk masyarakat dicukupi. Vitamin dan obat-obatan juga disediakan," ucap Taufiq.

Dari data Dinkes Lamongan sampai Selasa (8/6/2021) malam pukul 19.00 WIB, jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Desa Sidodowo bertambah delapan orang.

Dengan pasien sembuh ada dua orang, dan meninggal dunia dua orang. Untuk kasus aktif bertambah empat orang, sehingga kini total sebanyak 47 orang.

"Alhamdulillah atas kerja sama semua pihak, baik TNI, Polri, Satpol PP, tenaga kesehatan dan tentunya dukungan masyarakat yang tetap mematuhi penyekatan dan melakukan isolasi mandiri, klaster Sidodowo ini terkendali. Sehingga saat ini, Kabupaten Lamongan telah masuk pada zona kuning kembali," kata Taufiq.

Mengacu dari data Dinas Kesehatan Jawa Timur terkait peta sebaran Covid-19, Kabupaten Lamongan memang kembali masuk zona kuning, meski sebelumnya sempat menjadi zona oranye mulai akhir Mei 2021.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/09/133305378/satgas-covid-19-sebut-klaster-sidodowo-terkendali-lamongan-kembali-ke-zona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke