Salin Artikel

Pembelajaran Tatap Muka di Zona Merah Jateng Ditunda, Ini Kata Ganjar

KOMPAS.com - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di 8 daerah zona merah di Jawa Tengah pada Juli 2021 dipastikan batal digelar.

Hal itu langsung diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menggelar rapat di kantornya, Senin (7/6/2021).

"Saya evaluasi, daerah merah enggak (PTM)," katanya kepada sejumah wartawan.

Sementara itu, keputusan Ganjar itu didukung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Hari Wuljanto.

Dilansir dari TribunJateng, dirinya mengatakan, pelaksanaan belajar tatap muka hanya boleh dilakukan di zona hijau dan kuning dengan syarat ketat.

Lalu, untuk pengusulan sekolah yang akan menggelar PTM harus mengikuti prosedur dan memenuhi penilaian sejumlah aspek, termasuk kesiapan guru, siswa dan protokol kesehatan di sekolahan.

Seperti diketahui, Ganjar telah menginstruksikan sejumlah hal di delapan zona merah di Jateng.

Salah satunya meminta operasi yustisi ditingkatkan dan protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat, khususnya pada tempat-tempat keramaian. Ganjar pun bahkan akan menutup lokasi keramauan jika memang diperlukan.

Ganjar juga meminta delapan daerah zona merah itu menggenjot vaksinasi sebab Kementerian Kesehatan telah siap menambah stok vaksin untuk menanggulangi potensi penyebaran COVID-19.

Saat ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo, kasus aktif COVID-19 di Jateng saat ini mencapai 10.297 kasus dan dari total itu tercatat 5.420 pasien dirawat dan 4.877 pasien diisolasi.

"Kasus aktif tertinggi terjadi di Kudus, Demak, Kabupaten Tegal, Kota Semarang, dan Banyumas. Sementara kasus baru tertinggi adalah Kudus, Demak, Kota Semarang, Kabupaten Tegal, dan Brebes," katanya.

Sebagai informasi, kedelapan daerah zona merah itu yakni, Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Demak, Grobogan, Sragen, Brebes dan Kabupaten Tegal.

(Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Dony Aprian)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Ganjar Pranowo Larang Zona Merah di Jateng Gelar Sekolah Tatap Muka

https://regional.kompas.com/read/2021/06/08/112703378/pembelajaran-tatap-muka-di-zona-merah-jateng-ditunda-ini-kata-ganjar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke