Salin Artikel

Jenazah Habel, Korban Penembakan KKB, Dimakamkan di Samping Pusara Kedua Orangtuanya

Jenazah dimakamkan di samping rumahnya di RT 8 RW 4, Dusun 2, Desa Lawahing, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (7/6/2021).

"Pemakaman tadi berlangsung pukul 10.00 Wita," kata Sekretaris Camat Kabola Charles Bainkabel, saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/6/2021) siang.

Charles menyebut, jenazah Habel dimakamkan persis di samping pusara kedua orangtuanya yang telah meninggal 20 tahun lalu.

Ibadah pemakaman jenazah Habel dihadiri Camat Kabola Erry M Dukabain, pendeta, Babinsa setempat dan seorang anggota polisi yang mengantar jenazah dari Papua hingga ke Alor.

Hadir pula, aparat desa setempat, masyarakat dan keluarga besar Habel. Habel tercatat belum memiliki istri dan anak.

Habel diketahui merupakan anak tunggal. Kedua orangtuanya meninggal saat Habel masih berusia 10 tahun.

Sebelumnya, Habel Helanti ditembak mati anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (3/6/2021).

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 13.00 WIT. 


Ketika itu, korban Habel Halenti (30) bersama rekannya Muh Alif (17) dan Abdul Haras'z (52) berangkat dari kamp karyawan di kompleks pancuran Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga dengan tujuan Kampung Eronggobak, Distrik Omukia.

Mereka menggunakan kendaraan pikap milik Pemkab Puncak, yang biasa digunakan untuk mengangkut babi. 

Saat akan kembali, korban Habel dan Muh Alif ditodong dengan senjata api laras pendek dan laras panjang oleh dua anggota KKB.

"Korban sempat berteriak "ampun Komandan". Namun langsung ditembak oleh salah satu KKB yang menodongkan senpi tersebut sebanyak 1 kali," kata Kompol Punia dalam keterangannya, Kamis sore.

Saat tim gabungan TNI-Polri tiba di lokasi kejadian untuk mengevakuasi jenazah korban, mereka mendapat tembakan dari anggota KKB. Kontak senjata pun terjadi sekitar 15 menit, hingga akhirnya KKB dipukul mundur. 

Jenazah Habel kemudian dievakuasi dari lokasi kejadian ke Puskesmas Ilaga. 

"Saat tiba di TKP, rombongan personel TNI-Polri ditembaki oleh KKB yang sudah menunggu kedatangan anggota TNI-Polri, dan terjadi kontak tembak sekitar 15 menit," tutur Kompol Punia.

Berdasarkan hasil identifikasi, korban mengalami luka tembak pada bagian leher bagian kanan.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/07/142259478/jenazah-habel-korban-penembakan-kkb-dimakamkan-di-samping-pusara-kedua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke