Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Kepulauan Aru, Tidak Berpotensi Tsunami

Data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon menyatakan, gempa yang terjadi pada pukul 14.15 WIT itu berada pada lokasi 4,72 Lintang Selatan dan 133.78 Bujur Timur.

Adapun pusat gempa berjarak 126 km barat laut Dobo, Kepulauan Aru, dan 154 km timur laut Kota Tual, dengan pusat kedalaman gempa 59 km.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, sehingga warga tidak perlu panik.

Salah satu warga Dobo, Kepulauan Aru, Martin mengaku tidak merasakan getaran adanya gempa tersebut.

“Kita di sini tidak merasakan apa-apa, biasa-biasa saja,” kata Martin salah seorang warga Dobo, Kepulauan Aru saat dihubungi Kompas.com dari Ambon, Senin.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Aru Hendrik Ngutra yang dihubungi secara terpisah mengatakan, gempa tersebut tidak dirasakan getarannya dan juga tidak menimbulkan kerusakan.

“Ini kita lagi di kantor, tidak ada apa-apa kita tidak merasakan gempa, kalau pun dirasakan pasti sudah keluar semua ke jalan. Jadi aman saja di sini tidak ada kerusakan apa pun,” katanya.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik.

Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/07/133540478/gempa-magnitudo-52-guncang-kepulauan-aru-tidak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke