Salin Artikel

2.401 Pengendara di Jembatan Suramadu Jalani Tes Antigen, 70 Reaktif, 17 di Antaranya Positif Covid-19

Dari jumlah itu, sebanyak 70 orang dinyatakan reaktif. Puluhan orang itu lalu menjalani tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

Hasilnya, 17 pengendara dinyatakan positif Covid-19.

"Laporan dari lapangan hari ini, dari 2.401 swab antigen secara acak ditemukan 70 orang reaktif, dan 17 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan langsung dirujuk ke RS Darurat Lapangan dan RS Haji Surabaya," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (6/6/2021) malam.

Khofifah menegaskan, tes cepat antigen di pintu masuk Surabaya itu penting dilakukan sebagai upaya screening.

Apalagi, mobilitas masyarakat Surabaya dan Madura di Jembatan Suramadu tinggi sekali.

"Mobilitas antara Surabaya dan Madura di Jembatan Suramadu ini kan tinggi sekali, kami khawatir Covid-19 semakin meluas karena pola interaksi masyarakat di Surabaya sangat tinggi dibanding daerah lain di Jatim," jelasnya.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan meningkat beberapa hari terakhir. Data dari Dinas Kesahatan Provinsi Jatim, dari 90 tempat tidur yang ada di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan, 73 di antaranya sudah terpakai.

"Bed occupancy rate (BOR) di RSUD Bangkalan sampai Minggu sore dilaporkan sudah terisi 73 dari 90 yang ada," kata Khofifah.


Sejak sepekan terakhir, Khofifah mengaku sudah mengkoordinasikan sistem rujukan pasien Covid-19 dari Bangkalan ke sejumlah rumah sakit di Surabaya.

Beberapa rumah sakit rujukan itu di seperti RSU dr Soetomo, RS Haji, RS Unair, hingga RS PHC.

"Hasil koordinasi dengan Pemkab Bangkalan, RSUD Bangkalan membutuhkan alat bantu pernapasan dan ventilator. Kami sudah sampaikan ke Kementerian Kesehatan dan akan segera dikirim," jelas Khofifah.

Pemprov Jatim juga mengirim mobil tes PCR untuk melakukan testing dan tracing keluarga pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/07/062859778/2401-pengendara-di-jembatan-suramadu-jalani-tes-antigen-70-reaktif-17-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke