Salin Artikel

1.015 Calon Jemaah Haji Tegal Gagal Berangkat, 22 di Antaranya Tarik Dana Haji

Kepala Kemenag Kabupaten Tegal, Sukarno mengatakan, tahun ini ada 1.015 calon jemaah haji yang batal berangkat seiring dikeluarkannya kebijakan pemerintah karena masih pandemi Covid-19.

‎"Sebanyak 22 orang sejak tahun lalu termasuk dari 1.015 calon jemaah haji tahun ini memutuskan untuk mengambil kembali sebagian Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang sudah disetorkan," kata Sukarno kepada wartawan, Sabtu (5/6/2021).

Sukarno menyebut ada sejumlah alasan mengapa calon jemaah haji menarik uang pelunasan. Di antaranya, calon jemaah beralasan untuk keperluan lain yang mendesak.

Setoran BPIH sendiri terdiri dari biaya setoran awal Rp 25 juta untuk memastikan porsi, dan biaya pelunasan sekitar Rp 10 juta yang dibayarkan jelang keberangkatan.

Meski dana haji diambil, peserta tak dicoret dari daftar

Meski dana pelunasan diambil, kata Sukarno, calon jemaah haji tersebut tidak dicoret dari daftar calon jemaah haji yang akan diberangkatkan.

Hal itu karena mereka tidak mengambil seluruhnya uang setoran BPIH. "Jadi porsi mereka tetap aman asalkan nantinya dilunasi lagi menjelang keberangkatan," pungkasnya.


Diberitakan Kompas.com, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan jemaah Indonesia yang batal berangkat haji di tahun 1442 Hijriah/2021 bisa mengambil kembali biaya perjalanan haji-nya (BIPIH) yang sudah disetorkan ke pemerintah.

Adapun pemerintah telah resmi membatalkan keberangkatan haji untuk jemaah Indonesia di 1442 Hijriah/2021 Masehi.

"Jadi uang jemaah aman, dana haji aman. Jadi bisa diambil kembali atau bisa tetap berada di BPKH untuk kita perhitungkan nanti jika ada pemberangkatan ibadah haji," kata Yaqut melalui konferensi persnya, Kamis (3/6/2021).

Yaqut mengatakan, jemaah haji yang batal berangkat pada tahun 2021 akan menjadi jemaah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Namun, pemerintah tidak keberatan jika para jemaah ingin mengambil kembali BIPIH yang sudah distorkan ke pemerintah. "Jadi sekali lagi dana haji aman," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/06/153141778/1015-calon-jemaah-haji-tegal-gagal-berangkat-22-di-antaranya-tarik-dana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke