Salin Artikel

Ada Antrean Ambulans di Depan IGD, Ini Penjelasan RS Al Ihsan Bandung

Dalam video berdurasi 28 detik tersebut, memperlihatkan antrean ambulans terjadi halaman Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/6/2021).

Saat dikonfirmasi, Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Al Ihsan Ferry Achmad Firdaus Mansoer tak menampik soal hal tersebut.

Namun, ia memastikan jika antrean ambulans tersebut bukan karena ada lonjakan kasus Covid-19.

"Ambulans datang hampir bersamaan, tapi tidak semua kasus Covid. Ada yang bersalin, ada yang demam berdarah. Ya memang kasus Covid-19 meningkat, tapi di sisi lain kasus lain juga bertambah, yang lahir banyak, yang demam berdarah banyak karena musim hujan begini, yang tipes juga banyak," ujar Ferry saat dikonfirmasi lewat telepon seluler, Sabtu malam.

Akumulasi pasien yang datang dalam satu waktu, kata Ferry, membuat kesan ada lonjakan kasus Covid-19.

Apalagi, RS Al Ihsan kerap menjadi rujukan dari puskesmas atau unit pelayanan kesehatan yang lainnya.

"Karena sudah langganan mungkin ya, kalau ada sesuatu ke Al Ihsan karena dekat, datanglah bersamaan, jadi kesannya memang seperti yang crowded, seperti ada wabah atau lonjakan besar tapi sebetulnya tidak," tuturnya.

Meski demikian, Ferry mengatakan pihaknya tetap memberi atensi khusus apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19.


Hingga Sabtu malam, RSUD Al Ihsan tengah merawat 137 pasien Covid-19. Dari kapasitas 129 tempat tidur untuk ruang Covid Kuning, 121 di antaranya sudah terisi.

Sementara untuk kategori ruang Covid merah, 16 tempat tidur sudah terisi dari kapasitas 18 tempat tidur.

Adapun 19 pasien lain masih berada di posko dan IGD RS Al Ihsan.

"Tadi juga saat ambulans tiba, tim kami segera bergerak cepat untuk memilah dan menurunkan pasien agar bisa ditangani dengan cepat, sekarang kondisinya sudah tenang," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/06/082045678/ada-antrean-ambulans-di-depan-igd-ini-penjelasan-rs-al-ihsan-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke