Salin Artikel

Tingkat ke-8 Nasional Kasus Harian Covid-19, Isolasi Mandiri di Bangka Belitung Dinilai Tak Efektif

BANGKA, KOMPAS.com, Angka penderita Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung mengalami lonjakan signifikan pada Jumat (4/6/2021).

Tercatat jumlah yang terkonfirmasi positif dari uji Polymerase Chain Reaction (PCR) sebanyak 279 orang.

Dengan demikian angka penderita Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung mencapai 18.925 orang, atau terjadi penambahan 1.174 orang dalam sepekan terakhir.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Andi Budi Prayitno mengatakan penambahan angka pandemi yang cukup signifikan menempatkan Kepulauan Bangka Belitung di posisi ke-8 kasus harian Covid-19 nasional.

"Orang yang terkonfirmasi Covid-19 pekan ini naik dibandingkan dengan pekan sebelumnya," kata Andi dalam keterangan tertulis yang dikutip, Sabtu (5/6/2021).

Andi menuturkan, penularan Covid-19 masif terjadi pada tiga daerah yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Barat.

Kemudian disusul Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, dan Kabupaten Bangka Selatan.

Sementara orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 turun dibandingkan pekan sebelumnya, dengan lokasi utama di Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Bangka Tengah.

"Penularan Covid-19 yang masif dan lonjakan kasus kematian akibat Covid-19 di sejumlah daerah ditengarai karena meningkatnya mobilitas masyarakat di fasilitas publik untuk aktivitas ekonomi, pendidikan, tak terkecuali aktivitas keagamaan dan rekreasi lantaran melalaikan Protokol Kesehatan (Prokes)," ujar Andi.


Selain itu, lonjakan kasus, kata Andi, disebabkan ketidakdisiplinan pasien menjalani swa-isolasi atau karantina mandiri di rumah serta ketidakpedulian masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan.

"Kami mengingatkan bahwa kedisiplinan dalam menerapkan Prokes adalah cara paling sederhana dan mudah, serta murah agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terpapar Covid-19," pesan Andi.

Ada pun angka kepatuhan memakai masker di Kepulauan Bangka Belitung berada di posisi tiga terendah nasional yakni 69,4 persen dari 88,45 persen rerata nasional.

Angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan juga berada di posisi tiga terendah dengan angka 71,8 persen dari 87,6 persen rerata nasional.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/05/202502778/tingkat-ke-8-nasional-kasus-harian-covid-19-isolasi-mandiri-di-bangka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke