Salin Artikel

Klaster Covid-19 di Desa Sidodowo, Bupati Lamongan: Ini Jadi Pelajaran bagi Seluruh Warga...

Yuhnorur mengatakan, lonjakan kasus positif Covid-19 di Desa Sidodowo menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat Lamongan.

"Ini menjadi pelajaran bagi seluruh warga, agar tidak menyepelekan adanya Covid-19," ujar Yuhronur saat dihubungi, Sabtu (5/6/2021).

Pria yang sempat menjabat sebagai Sekda Lamongan itu menegaskan, kasus Covid-19 di desa itu menjadi perhatian khusus Pemkab Lamongan.

Satgas Covid-19 Lamongan, kata dia, terus berupaya menekan penularan dan penyebaran Covid-19 di desa itu.

Masyarakat yang terpapar Covid-19 di desa itu juga akan mendapat perhatian khusus dari Pemkab Lamongan.

Upaya tracing dan testing, tambah Yuhronur, langsung dilakukan saat Satgas Covid-19 menerima laporan tentang kasus corona di desa itu.

"Tracing sudah kita lakukan sejak awal terpapar. Hari ini, kita memberikan bantuan sembako di desa tersebut serta melakukan vaksin," ucap Yuhronur.

Yuhronur menjelaskan, Satgas penanganan Covid-19 Lamongan terus memantau perkembangan situasi seiring lockdown yang diberlakukan di Desa Sidodowo.


"Ada petugas gabungan yang terus memantau perkembangan di sana. Pak Kapolres dan Dandim hari ini juga memantau di sana," kata Yuhronur.

Sebelumnya, Kepala Desa Sidodowo Ali Makrus menyebut, banyak warganya yang meremehkan virus corona. Warga yang mayoritas petani itu tak percaya dengan Covid-19.

Sehingga, mereka abai menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Sebelumnya di sini memang banyak yang seperti meremehkan, biasanya mereka bilang masak orang tani aja kok sampai kena corona (Covid-19)," ujar Ali saat dihubungi, Jumat (4/6/2021).

Namun kini, setelah puluhan orang dikonfirmasi positif terpapar Covid-19 dengan lima di antaranya meninggal dunia, warga Desa Sidodowo mulai percaya. Mereka pun mulai menerapkan protokol kesehatan ketat.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/05/195422278/klaster-covid-19-di-desa-sidodowo-bupati-lamongan-ini-jadi-pelajaran-bagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke