Salin Artikel

Dampak Gerhana Bulan Baru Terasa, Pasokan Ikan Laut Tersendat di Pasar Blitar

Meski gelombang laut sudah mulai normal, dampak berupa langkanya pasokan ikan baru mulai terasa beberapa hari terakhir.

Pedagang pasar ikan di Pasar Templek Kota Blitar Firza Ridwani mengatakan, pasokan ikan laut untuk kiosnya mulai tersendat dalam dua hingga tiga hari terakhir.

"Sejumlah ikan laut bahkan kosong beberapa hari setelah gerhana bulan. Sampai hari ini masih kosong," ujarnya saat ditemui di kiosnya, Rabu (2/6/2021).

Firza mengatakan, hari ini ia hanya memiliki stok ikan tongkol dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Ikan itu terpaksa dijual dengan harga lbih mahal.

Firza menjual ikan tongkol itu seharga Rp 32.000 per kilogram, lebih mahal dibanding biasanya, Rp 28.000 per kilogram.

Sementara, beberapa jenis ikan laut bahkan kosong dalam beberapa hari terakhir, antara lain, kembung, tuna, dan cumi.

"Kemarin masih ada ikan cumi tapi cuma sedikit dan hari ini sudah habis. Itu pun harganya mahal, Rp 74.000 per kilogram," ujarnya.

Kios ikan milik Firza adalah salah satu dari sedikit kios ikan di Kota Blitar yang melayani pedagang ikan eceran.

Firza mendapatkan pasokan ikan paling banyak dari pasar ikan di Kabupaten Lamongan dengan jumlah sekitar 1 ton setiap dua hari sekali.


Ia mengaku tidak tahu sampai kapan kelangkaan stok dan harga mahal ikan laut akan berlangsung.

"Sementara ini, kita perbanyak dagangan dengan ikan air tawar dan hasil tambak seperti udang dan ikan bandeng," ujarnya.

Menurut Firza, sebenarnya stok ikan laut sudah mulai berkurang sejak Lebaran. Namun menjadi semakin langka setelah gelombang tinggi dan fenomena pasangnya air laut akibat gerhana bulan.

Sementara itu, kondisi air laut pasang dan gelombang tinggi yang sempat terjadi beberapa hari sebelum hingga setelah gerhana bulan di pantai selatan Kabupaten Blitar telah mereda sejak dua hingga tiga hari yang lalu.

Kepala Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo Dwi Handoko mengatakan nelayan di Pantai Serang sudah kembali melakukan aktivitas mencari ikan sejak dua hari terakhir.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/02/214405678/dampak-gerhana-bulan-baru-terasa-pasokan-ikan-laut-tersendat-di-pasar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke