Salin Artikel

Hendak Swafoto di Tepi Karang Pantai Menganti, 2 Wisatawan Terseret Ombak

KEBUMEN, KOMPAS.com - Dua wisatawan asal Ambarketawang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilaporkan terseret ombak saat hendak swafoto di Pantai Menganti, Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (30/5/2021).

Korban bernama Fajar Mutaqie (32) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sementara keponakannya, Tsafiq Zahid (3) masih dalam pencarian tim SAR Gabungan.

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, peristiwa nahas tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB di spot Karang Bata dekat Jembatan Merah, Pantai Menganti.

Fajar saat itu sedang berdiri menggendong keponakannya yang masih balita di tepi karang untuk berswafoto.

"Korban berada di tebing pinggiran pantai, tiba-tiba ada ombak besar datang. Keduanya terseret ombak," jelas Iptu Tugiman, Minggu.

Fajar, kata Tugiman, ditemukan tewas di sekitar lokasi. Upaya evakuasi berjalan dramatis lantaran kondisi medan yang dikelilingi batu karang dan gelombang besar pantai selatan.

Tunisman (47), wakil ketua pengelola wisata Pantai Menganti mengungkapkan, dua wisatawan yang diterjang ombak sebenarnya berada di tempat aman.

Menurut dia, jarang sekali ada ombak besar yang sanggup menjangkau lokasi tersebut.

"Sebetulnya (korban) berada di tempat aman. Jarang sekali ada ombak sampai ke situ. Tapi pagi tadi informasi ada tiga ombak besar di lokasi tersebut," jelas Tunisman.

Untuk alasan keamanan, pengelola wisata sudah menempatkan petugas penjaga pantai untuk mengawasi wisatawan.

"Jika wisatawan berada di tempat bahaya, kita ingatkan melalui petugas kami di lapangan. Tapi korban saat itu berada di tempat aman," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/30/194159778/hendak-swafoto-di-tepi-karang-pantai-menganti-2-wisatawan-terseret-ombak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke