Salin Artikel

KKB Lekagak Telenggen Siapkan Lokasi Perang, Kapolda Papua: Kami Mau Berkomunikasi dengan Dia...

Lekagak Telenggen merupakan pimpinan KKB yang bermarkas di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua.

Meski begitu, Fakhiri tak ingin menanggapi tantangan yang dikeluarkan Lekagak Telenggen tersebut.

Saat ini, kata Fakhiri, Polri dan TNI telah mengubah pola penangangan KKB di Papua. Aparat keamanan di Papua lebih mengedepankan pola persuasif.

Keputusan megubah pola pendekatan itu diambil setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Papua.

Selama di Papua, Panglima TNI dan Kapolri mengunjungi pasukan yang bertugas di wilayah itu. Mereka juga bertemu dengan tokoh masyarakat dan sejumlah kepala daerah di wilayah pegunungan tengah Papua.

"Kita kan masih mau berkomunikasi dengan dia, kalau dia turun saya dengan bapak Pangdam akan jemput dan perlakukan dia sebagaimana warga negara lainnya," ujar Fakhiri di Jayapura, Kamis (27/5/2021).

Belum pernah berkomunikasi

Fakhiri mengamini, aparat keamanan belum pernah mencoba menjalin komunikasi dengan pimpinan KKB.


Upaya itu, kata dia, akan coba dirintis dalam beberapa waktu terakhir. Fakhiri ingin, penyelesaian masalah dengan KKB tak menyisakan dendam.

"Kita berharap ada hal saling menguntungkan. Selama ini kan belum dicoba, saya berharap semua masyarakat yang mencintai Tanah Papua ini damai mari satu hati," kata dia.

Sementara itu, juru bicara TPNPB Sebby Sambom melalui keterangan tertulis menyatakan Lekagak Telenggen bersama anggotanya telah menyiapkan lokasi perang di wilayah Muara Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

"Ingat bahwa lapangan perang militer TPNPB-OPM sudah ditempatkan di muara Kabupaten Puncak, itu pun sampai detik ini pasukan TNI/Polri belum masuk area perang," ujar Seby.

Seby menegaskan, sampai saat ini Lekagak Telenggen dan kelompoknya belum keluar dari Kabupaten Puncak.

"Lekagak mereka ada tunggu TNI Polri di muara itu, TNI-Polri boleh masuk perang lawan pasukan TPNPB," kata dia.

(KOMPAS.com/Dhias Suwandi)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/27/185136578/kkb-lekagak-telenggen-siapkan-lokasi-perang-kapolda-papua-kami-mau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke