Salin Artikel

Diperiksa Jadi Saksi Bareng Baperjakat, Plt Bupati Nganjuk: Ini Beban Berat

Marhaen yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Nganjuk mau tak mau juga harus berurusan dengan aparat. Ia harus menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Mapolres Nganjuk, Selasa (25/5/2021).

Politikus PDI Perjuangan itu mulai diperiksa penyidik dari Bareskrim Polri pada Selasa (25/5/2021) sekitar pukul 09.00 WIB. Pemeriksaan tersebut baru berakhir menjelang magrib sekitar pukul 17.30 WIB.

“Ini (saya) jadi saksi tujuh tersangka itu. Ya beban berat,” kata Marhaen saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/5/2021) malam.

Beban berat memang harus dipikul Marhaen. Polemik pengisian perangkat desa yang berujung terjadinya Operasi Tangkap Tangan (OTT) lembaga antirasuah terhadap Bupati Novi, praktis tanggungjawabnya beralih ke pundak Marhaen.

“Ini beban. Harus menyelesaikan harmonisasi dengan Forpimda seperti pesanya Bu Gubernur. Terus kemudian DPRD sekarang menyisakan interpelasi, ASN, perangkat dan kepala desa yang kemarin pemilihan itu,” tuturnya.

Marhaen berharap, beban yang kini berada di pundaknya itu satu per satu segera terurai.

Termasuk proses hukum yang kini masih berjalan atas dugaan jual beli jabatan yang dilakukan Bupati Novi dan keenam tersangka lainnya.

“Permasalahan ini serahkan ke hukum, itu yang paling penting. Semua proses hukum kita hormati,” ujar Marhaen.


Sementara itu, Marhaen mengimbau masyarakat di Nganjuk untuk bersama-sama menjaga kondusifitas.

Warga juga diimbau untuk tidak mengelurkan pernyataan yang bersifat menghujat .

“Lalu tidak menyudutkan, mengedepankan praduga tidak bersalah, terus kemudian ya (permasalahannya) kita serahkan ke proses hukum. Itu saja, sehingga biar tetap kondusif,” pungkas dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tim dari Bareskrim Polri kembali memeriksa bebarapa OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Pemeriksaan berlangsung di Mapolres Nganjuk, Selasa (25/5/2021).

Pemeriksaan ini merupakan kelanjutan dari OTT terhadap Bupati Novi yang dilakukan KPK dan Bareskrim Polri beberapa waktu lalu.

Ada tujuh tersangka dalam OTT tersebut, salah satunya ialah Bupati Novi.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/25/222132878/diperiksa-jadi-saksi-bareng-baperjakat-plt-bupati-nganjuk-ini-beban-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke