Salin Artikel

Banjir Bandang Ancam Wilayah Maluku, Gubernur Murad Ismail Imbau Warga Waspada

Imbauan Murad juga menindaklanjuti peringatan dini dari BMKG yang menyebut sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Provinsi Maluku berpotensi dilanda bencana banjir bandang akibat tingkat curah hujan yang tinggi.

"Masyarakat agar selalu berhati-hati dan mewaspadai dampak hujan lebat akhir-akhir ini," kata Gubernur dalam keterangan tertulis, Senin (24/5/2021).

Kabupaten siaga dan waspada

Dalam peringatan dini yang dikeluarkan, BMKG menyebut potensi dampak hujan lebat bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang di sejumlah wilayah Maluku.

Dari 11 kabupaten kota di Maluku, Kota Ambon, Maluku Tengah dan Kabupaten Buru Buru masuk dalam status siaga.

Sedangkan Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Buru Selatan masuk dalam status waspada.

Peringatan dini potensi bencana di Maluku ini berlaku mulai Senin hari ini hingga Selasa besok.

Terkait peringatan dini dari BMKG itu, Murad  meminta seluruh bupati dan walikota untuk meminta warganya di masing-masing daerah untuk  meningkatkan kewaspadaan.

"Saya instruksikan kepada bupati dan walikota untuk selalu tingkatkan kewaspadaan. Kita harus tetap waspada dampak hujan dengan intensitas tinggi, apalagi dengan durasi yang lama karena dikhawatirkan dapat memicu bencana banjir, longsor," tandas Murad.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Henry Farfar juga mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat hujan deras yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir dapat menyebabkan terjadinya bencana alam.

“Bukan hanya banjir tapi juga tanah longsor dan pohon tumbang itu semua harus diwaspadai,” katanya saat dikonfirmasi, Senin.

Ia pun meminta warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di bantaran sungai, daerah lereng gunung agar dapat terus memantau kondisi yang terjadi.

JIka terjadi kondisi darurat, mereka diminta untuk meninggalkan rumah.

“Khususnya yang tinggal di lereng gunung dan bantaran sungai harus lebih waspada,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/24/151018378/banjir-bandang-ancam-wilayah-maluku-gubernur-murad-ismail-imbau-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke