Salin Artikel

Pertunjukan Wayang Kulit yang Digelar di Rumah Kades Dibubarkan Polisi

Kapolsek Sumobito AKP M Amin mengatakan, pertunjukan wayang kulit yang dibubarkan tersebut rupanya justru digelar di rumah Kepala Desa Sebani, Sunaryo, Sabtu (22/5/2021) malam.

Dia mengundang kelompok kesenian wayang kulit untuk melakukan pertunjukan pada acara hajatan di rumahnya.

Alasan polisi membubarkan

Menurut Amin, pagelaran wayang kulit di rumah Sunaryo terpaksa dibubarkan karena memicu kerumunan, serta mengabaikan protokol kesehatan untuk pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

Padahal, ujar dia, di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kegiatan masyarakat dibatasi jumlah atau kapasitas, maupun waktunya.

Amin mengungkapkan, pagelaran wayang kulit di rumah Sunaryo mengundang perhatian masyarakat banyak untuk datang, termasuk masyarakat dari desa lain.

Padahal, lanjut dia, saat ini masyarakat tidak dibenarkan untuk berkumpul dalam jumlah yang banyak dalam satu.

"Karena di masa pandemi ini kita dilarang menggelar kegiatan yang sifatnya pengumpulan warga atau mengundang masa berkumpul pada satu tempat," kata Amin saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (23/5/2021).


Perangkat desa diminta berikan contoh

Pagelaran wayang kulit di rumah Kepala Desa Sebani dibubarkan polisi pada Sabtu malam, sekitar pukul 22.00 WIB.

"Karena ada larangan, makanya kita imbau dan kita bubarkan. Sanksinya akan kita tentukan setelah pemeriksaan kepada pengundang atau penyelenggara," kata Amin.

Terkait pembubaran pagelaran wayang kulit pada Sabtu malam, Amin meminta para Kepala Desa, perangkat desa maupun Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak memberikan contoh buruk kepada masyarakat.

Dia juga meminta masyarakat bisa menahan diri dengan tidak menggelar acara yang berpotensi memicu kerumunan maupun mengabaikan protokol kesehatan.

Dikatakan Amin, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan memerlukan kerjasama semua pihak untuk mengakhirinya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/23/175538678/pertunjukan-wayang-kulit-yang-digelar-di-rumah-kades-dibubarkan-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke