Salin Artikel

Dua Gempa Guncang Banten, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan, Hanya Kepanikan

SERANG, KOMPAS.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa yang terjadi di Sumur, Pandeglang.

"Sampai dengan saat ini belum ada informasi kerusakan, hanya memang getaran bisa kita rasakan, termasuk saya juga merasakannya," kata Nana saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Minggu (23/5/2021).

Saat gempa, Nana sedang melaksanakan monitoring protokol kesehatan di objek wisata di Kabupaten Pandeglang. Pengunjung pun panik menjauhi pantai.

Menurut Nana, kepanikan warga adalah hal wajar di saat ada gempa terjadi. Sehingga, masyarakat mencari lokasi aman untuk berlindung.

"Hal wajar kalau terjadi kepanikan, semata mata mengikuti SOP kalau terjadi gempa supaya keluar rumah untuk mnghindari runtuhan bangunan," ujar Nana.

Meski begitu, Nana meminta masyarakat tenang dan tidak perlu panik berlebih dan hindari bangunan yang berpotensi runtuh.

Selain itu, masyarakat diminta agar tidak mudah mempercayai informasi yang belum bisa dipertanggungjawabkan atau hoaks.

Sebelumnya, dalam rentang waktu 2 menit, dua gempa bumi mengguncang wilayah Banten pada Minggu (23/5/2021).

Gempa bumi magnitudo 5,0 terjadi pukul 10. 48 WIB. Dua menit kemudian, pukul 10.50 WIB, Banten kembali diguncang gempa, kali ini berkekuatan 5,4 magnitudo.

Pusat gempa pertama di 17 kilometer barat laut Sumur Banten dengan kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 6.54 lintang selatan (LS) dan 105.47 bujur timur (BT).

Sementara, lokasi pusat gempa kedua di 18 kilometer barat laut Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer (km) dengan koordinat 6.54 LS dan 105.46 BT.

Dalam situsnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/23/132201578/dua-gempa-guncang-banten-bpbd-belum-ada-laporan-kerusakan-hanya-kepanikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke