Salin Artikel

Jokowi: Pak Gubernur, jika Vaksin Habis, Segera Telepon Menkes

Hal itu disampaikan Jokowi saat berkunjung ke Kepulauan Riau bersama sejumlah menteri, Panglima TNI, Kapolri, dan didampingi Gubernur Kepri.

Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal masyarakat dan karyawan di kawasan PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE), Lobam, Bintan, Rabu (19/5/2021).

"Hari ini dilakukan vaksinasi di 67 titik lokasi di Kepri yang lebih kurang jumlahnya 15.500 orang,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Humas Pemprov Kepri, Rabu.

Jokowi menyampaikan bahwa problem vaksinasi di Kepri adalah distribusi vaksin yang sulit karena Kepri adalah provinsi kepulauan yang pulau-pulaunya berjarak tidak dekat dan aksesnya tidak mudah.

"Tetapi, saya melihat manajemen distribusinya berjalan dengan baik dan kami harapkan ke depan, Pak Gubernur, jika vaksin habis, segera telepon ke Menteri Kesehatan, agar suplainya terus ada dan sekali lagi kami harapkan Kepri dapat menghentikan penularan Covid-19,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di lima kabupaten dan dua kota di Kepri melalui sambungan video.

Jokowi menitipkan kepada masing-masing pemda agar vaksinasi lansia yang didahulukan.

"Untuk vaksin gotong royong bagi perusahaan dan industri serta pabrik memang kami masih memiliki masalah suplainya. Target kami memang 30 juta untuk vaksin gotong royong, tapi baru masuk ke negara kita 420.000, masih kecil sekali memang. Tapi, nanti saya bersama Pak Menkes akan memberikan prioritas untuk Batam, utamanya untuk industri,” kata Jokowi.


Mengenai sejumlah kabupaten dan kota di Kepri yang mengalami kenaikan kasus positif Covid-19, Jokowi berpesan untuk menekankan kepada masyarakat mengenai penggunaan masker.

"Pakai masker itu sudah akan memproteksi lebih kurang 95 persen masyarakat kita. Jadi kalau ke mana pun dalam kegiatan apa pun dan aktivitas apa pun, pakai masker itu sudah memproteksi dan melindungi 95 persen dari penularan. Ini menurut penelitian WHO,” kata Jokowi.

Jokowi tiba di Kepri setelah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau.

Selain peninjauan vaksinasi, Jokowi akan memimpin rapat terbatas dengan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kepri beserta lima bupati dan dua wali kota.

Jokowi tampak didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/20/100322278/jokowi-pak-gubernur-jika-vaksin-habis-segera-telepon-menkes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke