Salin Artikel

Cerita Petugas SAR Saat Libur Lebaran, Tetap Bertugas hingga Hadapi Wisatawan Tak Mau Pakai Masker

Di tengah hiruk pikuk wisatawan, terlihat beberapa orang mengenakan seragam oranye, mereka adalah tim SAR Satlinmas.

Pada libur Lebaran tahun ini, petugas SAR tak hanya bertugas mengantisipasi kecelakaan laut. Mereka juga mengingatkan wisatawan untuk menjaga protokol kesehatan selama liburan.

Seperti yang dilakukan Surisdiyanto yang telah bertahun-tahun bertugas sebagai Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul.

Saat Lebaran, petugas SAR Satlinmas tak bisa menghabiskan waktu untuk bersilaturahmi dan bercengkerama bersama keluarga.

Mereka hanya bisa beribadah dan beramah-tamah sebentar, lalu kembali ke posko di pinggir pantai sesuai wilayah tugas masing-masing.

"Kami bagi, yang muda dan belum berkeluarga berangkat lebih awal, dan selepas zuhur seluruh petugas sudah siaga di pos masing-masing," kata Suris saat ditemui di Posko Pantai Sepanjang, Minggu (16/7/2021).

Setiap beberapa jam sekali, para petugas yang sebagian besar warga sekitar pantai ini berkeliling memastikan keamanan para pengunjung.

Setiap pantai terdapat dua hingga empat petugas, hanya Pantai Baron yang dijaga 14 petugas karena terdapat sungai dalam yang bermuara ke pantai di wilayah itu. Selain itu, lokasi tersebut merupakan wilayah pendaratan ikan.

Saat libur Lebaran, puluhan ribu wisatawan berkunjung ke wilayah pantai di Gunung Kidul setiap harinya. 


Para petugas SAR dengan sabar meminta wisatawan mematuhi protokol kesehatan, lainnya sibuk meneriaki wisatawan agar tidak bermain ke tengah laut.

"Sejak pandemi ketugasan kami bertambah, selain keamanan wisatawan juga mengingatkan protokol kesehatan," ucap Suris.

Saat berbincang dengan Suris, terdapat seorang wisatawan muda asal Karanganyar, Jawa Tengah, yang tertusuk bulu babi. Petugas dengan cekatan mengambil duri dari kedua kaki wisatawan itu.

Selain meninggalkan keluarga selama libur Lebaran, petugas juga kadang tak terlalu memerhatikan kondisi kesehatan. Tak jarang, mereka menunda atau lupa makan siang karena kesibukan tugas.

Hal serupa dikatakan Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono. Menurutnya, tugas petugas SAR kini bertambah untuk mengingatkan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19.

Ia pun menyayangkan masih ada sejumlah wisatawan yang tak mengindahkan imbauan petugas untuk menggunakan masker dan jaga jarak.

Menurutnya, konsentrasi petugas terpecah karena harus memantau wisatawan yang bermain di pantai. Apalagi selama libur Lebaran, pengunjung mencapai puluhan ribu orang setiap harinya.

"Untuk memantau wisatawan paling repot prokesnya, kewalahan untuk mengingatkan menggunakan masker," ucap Marjono saat dihubungi, Senin (17/5/2021).

"Kita juga mengingatkan lewat pengeras suara, tetapi ya masih banyak yang tidak mau menggunakan masker," kata Marjono.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Gunungkidul Sejak Kamis (12/5/2021) sampai Minggu (16/5/2021), sebanyak 97.245 wisatawan masuk ke wilayah itu.

Dari jumlah itu sebagian besar berkunjung ke kawasan pantai wilayah II dari pantai Poktunggal hingga Bukit Paralayang.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/18/110731978/cerita-petugas-sar-saat-libur-lebaran-tetap-bertugas-hingga-hadapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke