Salin Artikel

Amankan PSU Pilkada Sabu Raijua, Polda NTT Bakal Kerahkan Anjing Pelacak

KUPANG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) bakal menerjunkan anjing pelacak untuk mengamankan jalannya pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Sabu Raijua pada 7 Juli 2021.

Kepastian pengerahan anjing pelacak itu terlihat saat personel Ditsamapta Polda NTT menggelar latihan meningkatkan kemampuan dalam penggunaan peralatan Dalmas di Mapolda NTT, Senin (17/5/2021).

Direktur Samapta Polda NTT Kombes Joni M Siahaan mengatakan, latihan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi PSU di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

"Kita latihan untuk mengantisipasi pengamanan massa dalam menghadapi PSU Sabu Raijua nanti. Persiapan antisipasi jika terjadi demo massa, baik pada tahapan pemungutan suara maupun pascapemungutan suara," ujar Joni.

Selain untuk meningkatkan kemampuan personel, lanjut Joni, anggotanya diharapkan lebih mahir dan profesional dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Khususnya pengamanan massa, baik itu tingkatan paling awal hingga tingkat lanjutan yang menjurus ke aksi anarkis.

"Dalam latihan ini, ada Unit K9 (anjing pelacak Polri) berjumlah dua ekor," kata dia.

Sementara itu, Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan, pihaknya akan melakukan pengamanan PSU Pilkada di Kabupaten Sabu Raijua.

Seluruh personel Polda NTT diminta mempersiapkan kemampuan serta peralatan yang dibutuhkan demi terciptanya PSU yang aman dan tertib.

"Ini harus kita kawal dengan sungguh-sungguh sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/17/214935978/amankan-psu-pilkada-sabu-raijua-polda-ntt-bakal-kerahkan-anjing-pelacak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke