Salin Artikel

Insiden Terjadi Berulang, Masyarakat Minta Proyek Geothermal Mandailing Natal Dihentikan Sementara

Kejadian ini menuai protes keras dari masyarakat.

Pasalnya, sebelumnya juga sudah pernah terjadi insiden, bahkan hingga memakan korban jiwa.

Insiden itu masih meninggalkan rasa trauma bagi masyarakat sekitar lokasi proyek PLTP.

"Ada faktor kelalaian atau faktor lainnya, dan tentunya kegiatan sosial masyarakat jadi terganggu akibat kejadian tersebut," ujar Wakil Bupati Mandailing Natal M Jakfar Sukhairi Nasution melalui pesan singkat, Jumat (14/5/2021).

Menurut Jakfar, seharusnya pihak perusahaan PT SMGP memaksimalkan peran seluruh komponen yang ada di Kabupaten Mandailing Natal.

"Agar potensi dan dampak yang akan terjadi bisa diatasi dan diantisipasi, sehingga masyarakat terlindungi. Seperti menyiapkan tempat untuk pemulihan trauma warga," ujar Jakfar.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Mandailing Natal Akhmad Arjun Nasution mengatakan, kebakaran tersebut telah menimbulkan rasa takut bagi masyarakat.

Bahkan sempat membuat masyarakat berlarian dan menyelamatkan diri ke lapangan bola sekitar.

"Masyarakat masih trauma dengan kejadian gas beracun yang terjadi beberapa waktu lalu dan menimbulkan korban jiwa. Masyarakat merasa nyawanya terancam," ujar Arjun.

Arjun mengatakan, sesuai aturan regulasi geothermal (panas bumi), perusahan harus mengedepankan standar operasional prosedur (SOP) yang super ketat dan penuh kewaspadaan.

"Melihat insiden yang sudah berulang kali terjadi, kami meminta agar kegiatan operasi PT SMGP dihentikan sementara, demi keselamatan dan rasa aman masyarakat. Masyarakat harus nyaman, bukan malah dihantui ketakutan," kata Arjun.


Sementara itu, Direktur Eksekutif Madina Institute Al Hasan Nasution meminta kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengevaluasi PT SMGP atas peristiwa yang berulang kali terjadi di area proyek strategis nasional tersebut.

Al Hasan menilai, perusahaan tidak melakukan perubahan atas kejadian-kejadian fatal yang terjadi sebelumnya.

"Kita minta Kementerian ESDM untuk kembali melakukan evaluasi total kepada PT SMGP dan kegiatan proyek dihentikan sementara, sampai perusahaan memberikan garansi tidak lagi melakukan kesalahan fatal yang berdampak terhadap keselamatan masyarakat," ujar Al Hasan.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di area proyek pembangunan PLTP di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sori Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat, sekitar pukul 12.30 WIB.

Kebakaran terjadi di Wellpad AA, di area konstruksi unit power plant 15 megawatt fase kedua di Desa Sibanggor Julu.

Proyek tersebut dikelola PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

https://regional.kompas.com/read/2021/05/15/114524878/insiden-terjadi-berulang-masyarakat-minta-proyek-geothermal-mandailing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke