Salin Artikel

Gubernur Papua Lukas Enembe Jalani Pengobatan Lanjutan di Singapura

"Bapak Gubernur meminta dukungan moril melalui doa dari seluruh masyarakat Papua sebab pada 9 Mei 2021, gubenur bertolak ke Singapura untuk melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit," ujar Juru Bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus, di Jayapura, Senin (10/5/2021).

Rifai tidak menyebut apa penyakit yang diderita oleh Gubernur Lukas Enembe. Namun, dia memastikan, proses pengobatannya sudah berlangsung selama beberapa tahun.

Ia pun menyebut Gubernur Lukas Enembe memiliki komitmen tinggi untuk kembali menjalankan roda pemerintahan.

"Beliau sangat berharap ini adalah proses pengobatan terakhir," kata dia.

Sudah dapat izin presiden

Muhammad Rifai belum dapat memastikan kapan Lukas Enembe akan kembali ke Papua.

Sebab, saat tiba di Singapura, harus ada tahapan protokol kesehatan yang dilalui, yaitu karantina mandiri selama 14 hari.

Selain itu, Rifai mengklaim bila kepergian Lukas Enembe ke Singapura sudah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo.

"Gubernur Papua menyampaikan terimakasih kepada presiden yang telah memberikan izin kepada Menteri Dalam Negeri untuk kepentingan kesehatan Gubernur Papua," kata Rifai.


Selama Lukas Enembe berada di Singapura, Rifai menyebut, roda pemerintahan akan dijalankan oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.

Terkait dengan momen Idul Fitri, Lukas Enembe menitipkan imbauan pada seluruh masyarakat Papua agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Gubernur Papua mengharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," kata Rifai.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/11/101044878/gubernur-papua-lukas-enembe-jalani-pengobatan-lanjutan-di-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke