Salin Artikel

Tingkah Pemudik di Pos Penyekatan: Mengebut hingga Sembunyikan Motor di Mobil Boks

Beberapa kejadian unik pun terjadi di pos penyekatan tersebut. Mulai dari mobil boks yang berisi motor dan pemudik, pemudik motor yang menerobos petugas jaga, hingga pengendara motor yang terjatuh di depan petugas.

Perwira pengendali Pos Gentong Tasikmalaya Ipda Pujiyono mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas di pos penyekatan mulai ramai.

Petugas pun teliti memeriksa kelengkapan dokumen pengendara satu per satu.

"Kalau kejadian tadi ada motor yang tiba-tiba jatuh di depan petugas dengan tujuan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Kita perketat karena ada sejumlah motor yang melajukan kendaraannya kencang saat akan melewati pos penjagaan," jelas Perwira Pengendali Pos Gentong Tasikmalaya, Inspektur Dua Pujiyono, kepada wartawan di lokasi, Sabtu malam.

Pujiyono menambahkan, para pengendara yang memiliki dokumen lengkap diizinkan melintas di Pos Gentong menuju Tasikmalaya.

Sementara mobil dan motor yang tak membawa surat yang menjadi persyaratan, disuruh putar balik ke arah Bandung atau Jakarta.

"Yang mau menerobos petugas jaga ternyata tak dilengkapi surat dan dipersilahkan kembali lagi ke daerah tujuan," tambah Pujiyono.

Mobil boks berisi motor dan pemudik

Pujiyono menceritakan, para pemudik memiliki banyak akal untuk mengelabui petugas di pos penyekatan.

Petugas, kata dia, mendapati travel yang masih nekat membawa penumpang. Lalu, ada pemudik yang bersembunyi di dalam mobil boks bersama motornya.


Saat melintas di pos penyekatan, sopir mobil boks itu mengaku membawa barang.

"Tadi juga ada beralasan bawa barang pakai mobil boks ternyata di dalamnya ada pemudik dan motor. Kita periksa satu persatu dengan teliti," jelas dia.

Pantauan Kompas.com di Pos Gentong Tasikmalaya, sejak Sabtu sore sampai menuju tengah malam, ratusan kendaraan terus berdatangan dari arah Bandung dan Jakarta.

Kendaraan kali ini didominasi oleh rombongan pemudik motor dengan melajukan kendaraan kencang.

Bahkan, ada beberapa petugas yang hampir ditabrak para pemudik yang melaju kencang di Pos Gentong.

Mereka sebagian mengaku berhasil melewati Pos Penyekatan di Karawang dan Cileunyi, Bandung.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/09/112839378/tingkah-pemudik-di-pos-penyekatan-mengebut-hingga-sembunyikan-motor-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke