Salin Artikel

Istri Ridwan Kamil: Jangan Anggap Remeh Covid-19, Perjuangan untuk Sembuh Tidak Mudah

KOMPAS.com - Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya meminta masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat, agar tidak menganggap remeh Covid-19.

Atalia yang tertular Covid-19 telah dinyatakan sembuh setelah sempat menjalani isolasi mandiri selama 21 hari.

Meski gejala yang ia alami termasuk gejala ringan, pengalaman menjadi penyintas Covid-19 sangat menyiksa.

"Jangan anggap remeh Covid-19. Siapa saja bisa kena di mana dan kapan saja, dan perjuangan untuk sembuh tidak mudah. Semua harus aware dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Atalia, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (8/5/2021).

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dan tidak piknik sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Sebab, saat sudah terinfeksi, perang melawan Covid-19 bukan hanya soal menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan, tetapi juga kemampuan daya tahan tubuh.

Ia memahami bahwa tidak bertemu dengan keluarga saat Lebaran merupakan sesuatu yang berat.

"Tapi, kesehatan dan keselamatan orangtua dan keluarga di kampung halaman harus diutamakan dalam situasi pandemi ini," ujar dia.

Atalia sembuh dari Covid-19

Atalia membeberkan perjuangannya untuk sembuh dari Covid-19. Pada 17 April 2021, ia melakukan tes usap karena kepala terasa pening.

Gejala yang dideritanya tidak berbeda dengan sakit kepada pada umumnya, sebab sebelumnya ia kehujanan saat berkegiatan.


"Hari pertama saya kaget. Bingung juga ketularan di mana karena memang saya bertemu banyak sekali orang dan masyarakat. Saat itu saya berharap teman-teman dan orang-orang yang berkontak dengan saya tidak ada satupun yang tertular," kata si Atalia.

Perlahan setelah tertular, ia merasa penciuman mulai menghilang dan tubuh menjadi dingin. Semua gejala itu silih berganti datang sampai pada akhirnya pulih.

"Saya tidak merasakan sesak napas. Hal fatal yang tidak saya alami. Tim dokter selalu menyarankan untuk terus berpikir positif dan tetap bahagia agar daya tahan tubuh stabil dan kondisi enggak drop. Saya cepat pulih tidak terlepas dari dukungan keluarga," ucap dia.

"Kang Emil sering menghibur saya. Buat tulisan cinta di kaca pakai lipstick atau nari-nari gaya Michael Jackson. Anak-anak juga suka menghibur meski dibatasi kaca. Itu benar-benar bisa buat bahagia," imbuh dia.

Atalia pun bersyukur setelah dinyatakan negatif Covid-19.

Keberhasilan melawan Covid-19 tidak lepas dari kepatuhan menjalani isolasi mandiri, rutin mengikuti saran dokter, mengonsumsi berbagai jenis obat, berjemur, berpikir positif, dan berbahagia.

Selama menjalani isolasi mandiri, Atalia tetap melakukan berbagai kegiatan.

(KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/08/142331078/istri-ridwan-kamil-jangan-anggap-remeh-covid-19-perjuangan-untuk-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke