Salin Artikel

Gempa Mentawai, Ini Penjelasan BPBD soal Sirene Tsunami di Agam Berbunyi

KOMPAS.com - Gempa magnitudo 5,7 yang mengguncang Sumatera Barat membuat sebagian masyarakat di Kabupaten Agam panik, Rabu (5/5/2021).

Pasalnya, saat gempa berlangsung sempat membuat suara sirine tsunami di SMA 1 Tanjung Mutiara berbunyi.

"Saya panik juga ketika mendengar sirene tsunami berbunyi, apalagi sedang terjadi gempa. Pastinya saya berpikir akan terjadi tsunami, " ujar Roni, warga Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Rabu (5/5/2021), yang dihubungi melalui telepon.

Saat mendengar suara sirene itu, bahkan tak sedikit warga yang berusaha menyelamatkan diri ke tempat lebih aman.

Penjelasan BPBD

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Hardoni saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Namun demikian, munculnya suara sirene itu bukan terjadi karena akan adanya tsunami, melainkan akibat kabelnya yang goyang terkena getaran.

"Sirene tersebut berbunyi karena ada kabelnya yang goyang karena getaran, sehingga berbunyi. Bunyinya cuma krik-krik saja dan itu pelan. Tidak bunyi seperti kalau akan ada tsunami," ujarnya.


Dijelaskannya, secara keseluruhan ada sembilan sirene di sejumlah lokasi yang dipasang. Kesembilan sirene itu akan berbunyi secara bersamaan ketika ada potensi tsunami di daerah tersebut. Namun, pada saat kejadian itu hanya satu yang berbunyi. Oleh karena itu, suara sirene yang muncul itu dipastikan karena adanya kerusakan.

Terkait dengan hal itu, pihaknya mengaku sudah melakukan perbaikan.

"Kami sudah memperbaiki sirene tersebut dan saat ini sudah tidak berbunyi, " katanya.

Sebagai informasi,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa itu terjadi di koordinat 2.04 Lintang Selatan dan 99.62 Bujur Timur.

Lokasi gempa berjarak 3 km Tenggara Tuapejat, 7 km Tenggara Kepulauan Mentawai, 130 km barat daya Pesisir Selatan Sumbar, 164 km barat daya Padang, atau 922 km barat laut Jakarta.

Meski demikian, gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Penulis : Kontributor Padang, Perdana Putra | Editor : Aprillia Ika

https://regional.kompas.com/read/2021/05/06/050224978/gempa-mentawai-ini-penjelasan-bpbd-soal-sirene-tsunami-di-agam-berbunyi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke