Salin Artikel

Sempat Ditiadakan Tahun Lalu, Pasar Bandeng Kembali Digelar di Gresik

Meski digelar kembali, Pasar Bandeng berbeda dari biasanya karena masih dalam pandemi Covid-19.

Pemkab Gresik menggelar Pasar Bandeng di sepuluh titik berbeda untuk mencegah kerumunan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Biasanya, pasar itu digelar terpusat di sekitar alun-alun dan Gardu Suling Gresik.

Sejumlah titik penyelenggaraan Pasar Bandeng itu di antaranya, lapangan Gembos di Kecamatan Bungah, lapangan Sitarda di Kecamatan Ujungpangkah, Alun-alun Kecamatan Sidayu, lapangan Suci di Kecamatan Manyar, dan multi sarana Plaza Gresik.

Kemudian, lapangan Manunggal di Kecamatan Kedamean, lapangan Klampok di Kecamatan Benjeng, halaman Kecamatan Cerme, lapangan Kecamatan Menganti, serta lapangan Kecamatan Duduksampeyan.

Pasar Bandeng itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah di Lapangan Gembos, Kecamatan Bungah, Rabu (5/5/2021) sore.

Kepala bagian humas dan protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi mengatakan, pasar dan kontes bandeng tetap digelar tahun ini untuk menjaga tradisi tahunan masyarakat Gresik.

Penyelenggaraan Pasar Bandeng akan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Selain berlangsung di sepuluh titik, pelaksanaan pasar bandeng kali ini ditekankan untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat," ujar Reza di Gresik, Rabu.

Reza menjelaskan, Pemkab Gresik sepakat melaksanakan agenda ini untuk memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.


Sejumlah cara yang ditempuh, dengan memberikan akses kepada masyarakat lokal, mulai dari nelayan, petani, petambak, dan juga pedagang bandeng.

Tidak hanya itu, pelaku usaha kecil dan menengah yang juga turut terimbas pandemi Covid-19 turut dilibatkan.

Mulai dari pelaku UMKM kuliner, non kuliner, kelompok kesenian, pedagang mainan, pemilik penyewaan sound system hingga tenda acara yang sempat lama tidak mendapatkan pesanan.

“Pelaksanaan Pasar Bandeng ini, kami memprioritaskan bandeng asli produksi petani Gresik. Kami minta pihak panitia terutama Dinas Perikanan mengecek betul hal ini. Sebab kami bangga meskipun bandengnya tidak terlalu besar, tapi itu hasil petani Gresik asli," kata Reza.

Agenda Pasar Bandeng berlangsung sejak hari ini hingga 10 Mei 2021 mendatang. Kontes dan lelang bandeng bakal digelar di halaman Kantor Bupati Gresik pada 7 Mei 2021.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/05/194626378/sempat-ditiadakan-tahun-lalu-pasar-bandeng-kembali-digelar-di-gresik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke