Salin Artikel

823 Personel Polda NTT Diterjunkan Kawal Hari Raya Idul Fitri

Polda NTT menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Ranakah Tahun 2021 di Lapangan Mapolda NTT, Rabu (5/5/2021) sore.

Danrem 16/Wirasakti Brigjen TNI Legowo WR Jatmiko dan Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus San hadir mendapingi Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif dalam apel tersebut.

Lotharia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021.

“Sampai sejauh ini untuk wilayah NTT cukup kondusif,  pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk tidak mudik," kata Lotharia.

Menurut Latif, walaupun di NTT tidak seperti di pulau Jawa tetapi pihaknya tetap mengawasi pusat keramaian dan kerumunan seperti pelabuhan, tempat wisata, dan sebagainya.

Menurut Latif, banyak kasus kecelakaan pada saat libur. Untuk itu, pihaknya akan siaga dalam Operasi Ketupat Ranakah 2021 dengan mendirikan posko-posko baik di pelabuhan maupun bandara.

"Posko ini akan diisi oleh petugas yang terlibat dalam Operasi ini," ujar Latif.

Untuk mengantisipasi Covid-19, wilayah NTT memberlakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Ia pun mengimbau masyarakat NTT yang merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah agar tidak melakukan takbir keliling.

Menurutnya, takbir bisa dilakukan secara khusyuk di masjid dengan tetap memedomani protokol kesehatan karena sudah ada Instruksi Mendagri Nomor 9 tahun 2021 dan Surat Edaran dari Kementerian Agama Nomor 4 Tahun 2021.

Latif mengatakan, aturan itu menjelaskan kegiatan selama Ramadhan dan petunjuk penyelenggaraan shalat Idul Fitri.

"Jangan sampai kegiatan keagamaan nanti bias muncul klaster baru, untuk itu dibutuhkan kesadaran kita bersama dalam mentaati anjuran pemerintah dalam prokes Covid-19," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/05/192030378/823-personel-polda-ntt-diterjunkan-kawal-hari-raya-idul-fitri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke