Salin Artikel

Saat TNI di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Bantu Guru Jadi Pengawas Ujian Sekolah

Mereka mengawasi ujian sekolah di SD Katolik Manusasi, Desa Manusasi, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, Selasa (4/5/2021).

Tenaga pendidik dari TNI Satgas Pamtas tersebut dipimpin oleh Serda Arnandi bersama tiga orang anggota lainnya. Mereka mengawasi jalannya ujian.

Ingin bentuk karakter jujur pada siswa

Dansatgas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto, mengatakan, kehadiran TNI semata-mata hanya untuk membantu para guru mengawasi proses ujian sekolah.

"Kami sangat berharap siswa mengerjakan setiap soal dengan rasa kejujuran yang tinggi," kata Andang kepada Kompas.com, Selasa (4/5/2021) sore.

"Tujuan kami dalam kegiatan ini untuk membantu terbentuknya karakter siswa yang jujur dan bertanggung jawab," ujar Andang.

Sementara itu, Serda Arnandi mengimbau supaya siswa tidak berbuat kecurangan seperti menyontek dan melihat hasil pekerjaan teman saat ujian.

"Siswa-siswi pun mentaatinya sehingga di dalam ruangan terlihat tertib dan tenang saat mengisi soal ujian tersebut," kata Arnandi.

Kepala Sekolah SD Katolik Manusasi Marta, mengatakan, pihak sekolah sangat berterima-kasih atas bantuan TNI yang sudah meluangkan waktu mengawasi ujian.

Marta mengaku, di sekolah mereka memang saat ini kekurangan tenaga pendidik, sehingga kehadiran TNI sangat membantu tugas guru.

"Kami selaku kepala sekolah sangat berterima kasih atas partisipasi personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Pos Manusasi dalam membantu mengawasi proses ujian tersebut, sehingga proses ujian berjalan dengan tertib dan lancar," tutupnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/05/04/162022778/saat-tni-di-perbatasan-indonesia-timor-leste-bantu-guru-jadi-pengawas-ujian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke