Salin Artikel

Jelang Larangan Mudik, Sehari 1.500 Kendaraan Tinggalkan Bali Melalui Pelabuhan Gilimanuk

Kendaraan yang menyeberang didominasi kendaraan roda dua dengan rata-rata pergerakan 1.500 kendaraan per hari.

GM ASDP Ketapang-Gilimanuk Suharto mengatakan, peningkatan penumpang mulai terjadi sejak Sabtu (30/4/2021) lalu.

Khusus kendaraan roda dua, ia memprediksi akan terus meningkat sebelum larangan mudik diberlakukan pada Kamis (6/5/2021) nanti.

"Memang ada peningkatan dibandingkan hari normal tapi tidak menimbulkan antrean," kata Suharto saat dihubungi, Senin (3/5/2021).

Naik dibanding tahun lalu

Tahun 2020, tercatat ada 1.000 kendaraan per hari sebelum diberlakukan larangan mudik.

Sedangkan tahun 2021, jumlah roda dua yang menyeberang melalui pelabuhan dalam tiga hari terakhir sudah menyentuh angka 1.500 kendaraan per hari.

"Tahun lalu yang juga ada corona dan larangan mudik itu kenaikannya 50 persen, sebelum pengetatan diberlakukan. Saat ini, kalau di Bali (pemudik) sudah kosong. Kalau tahun lalu masih banyak yang terjebak (tak bisa mudik), kalau kali ini semua yang saya lihat ini memenuhi persyaratan perjalanan," kata dia.

Selain itu, mereka yang akan menyeberang wajib menyertakan surat bebas COVID-19 berbasis rapid antigen atau swab PCR atau atau GeNose.


Tak layani pembelian tiket

Ia pun memastikan, pada saat larangan mudik lebaran diberlakukan, Pelabuhan Gilimanuk tidak melayani pembelian tiket bagi penumpang yang mudik.

Meski begitu, akan ada penumpang yang dikecualikan seperti yang tertuang dalam SE Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Seperti misalnya, penyeberangan logistik, perjalanan dinas atau mendesak seperti sakit. Atas dasar itu, Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang tak akan ditutup saat larangan mudik lebaran.

"Nanti kalau mau buka di online itu sudah ada notice bahwa tiket online hanya digunakan oleh orang-orang dikecualikan dari SE 13. Apabila nekat ya ditolak masuk ke wilayah Jawa-Bali dan itu tidak bisa dikembalikan tiketnya," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/160518478/jelang-larangan-mudik-sehari-1500-kendaraan-tinggalkan-bali-melalui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke