Salin Artikel

4 Hari Diburu Polisi, Wanita Misterius Pengirim Sate Beracun Ditangkap, Ini Dugaan Motifnya

KOMPAS.com - Wanita pengirim sate beracun di Yogyakarya, akhirnya ditangkap polisi setelah empat hari diburu, Senin (3/5/2021).

Menurut polisi, wanita tersebut berinisial NA (26) dan tercatat sebagai warga Desa Buniwangi, Kecamatan Palasan, Majalengka, Jawa Barat.

"Diamankan NA (25), warga Majalengka, Jumat (30/4/2021)," kata Burkan di Mapolres Bantul, Senin (3/5/2021).

Sebelumnya, polisi telah mengantongi ciri-ciri terduga pelaku, yaitu berusia sekitar 25 tahun, kulitnya putih, dan tinggi badannya berkisar 160 sentimeter. 

NA diduga menaburi sate ayam dengan racun sianida yang akhirnya merenggut nyawa sorang bocah bernama Naba Faiz Prasetya (10) warga Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya ditangkap, Senin (3/5/2021).

Pasalnya, menurut Dir Reskrimmum Kepolisian Daerah (Polda) DIY Kombes Burkan Rudy Satriya, NA sudah mempersiapkan aksinya dengan membeli racun beberapa hari sebelum mengirim sate itu.

Dari pengakuan NA, racun jenis KCn atau kalsium sianida dibelinya lewat e-commerce.

Menurut Burkan, NA diduga kecewa dan sakit hati karena pria berinisial T karena menikah dengan orang lain.


"Pernah berhubungan dulu sebelum nikah. Target T sedang kita dalami. (Profesi target) Pegawai negeri," kata Burkan di Mapolres Bantul Senin (3/5/2021)

Atas perbuatannya, NA dijerat dengan pasal Pasal 340 KUHPl sub Pasal 80 ayat (3) Jo Pasal 76 C Undang-undang RI nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan UU Nomor 23 tentang perlindungan anak.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada hari Minggu (25/5/2021), NA melakukan order secara offline ke pengemudi ojek online asal Bantul, Bandiman, di Jalan Gayam, Kota Yogyakarta.

Bandiman adalah ayah dari korban meninggal, Naba. Saat itu, sate ayam tersebut telah ditaburi NA dengan sianida dan memberi ongkos lebih kepada Bandiman sebesar Rp 30.000.

Sate tersebut, menurut Bandiman, dikirim ke seorang pria bernama T di Kapenawon, Bantul, DIY.

Naas, saat itu T menolak menerima paket itu dan akhirnya Bandiman membawa sate ayam bersianida ke rumah untuk dimakan bersama saat buka puasa.

Naba pun tewas usai menyantap sate ayam itu. Sedangkan istri Bandiman sempat jalani perawatan di rumah sakit.

(Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/135737878/4-hari-diburu-polisi-wanita-misterius-pengirim-sate-beracun-ditangkap-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke