Salin Artikel

Panen Raya di Malang, Presiden Jokowi: Produksi Padi Harus Dihitung Secara Pasti

"Produksi padi yang panen betul-betul bisa memenuhi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia. Sehingga harus betul ada barangnya, ada padinya yang dipanen, kemudian nanti muncul produksi menjadi beras," kata Jokowi melalui tayangan live streaming YouTube Sekretariat Presiden saat panen raya padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya, dengan penghitungan secara detail, produksi padi secara nasional bisa diketahui. Hal itu bisa menjadi dasar pemerintah untuk menentukan apakah impor dibutuhkan atau tidak untuk memenuhi kebutuhan beras.

"Kepastian mengenai jumlah itu betul-betul bisa dikalkulasi, bisa dihitung. Oleh sebab itu kita tidak perlu yang namanya impor," katanya.

"Tapi hitung-hitungannya memang harus pasti. Karena menyangkut masalah perut, masalah makan rakyat itu dari sini," jelasnya.

Jokowi mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya, produktivitas padi varietas IPB-3S sebesar 12 ton per satu hektare lahan.

Jokowi berharap, produktivitas padi varietas tersebut bisa terus dikembangkan sehingga menghasilkan panen yang lebih banyak.

"Satu hektare yang ditanam yang varietas IPB-3S bisa menghasilkan padi, gabah 12 ton. Ini hasil yang bagus sekali dan nanti saya akan tindak lanjuti dengan IPB agar ini bisa dikembangkan dalam jumlah yang lebih besar lagi. Sehingga ketahanan pangan kita, kedaulatan pangan kita betul-betul bisa kita raih tanpa kita harus impor dan dari negera lain," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta supaya kebutuhan teknologi pertanian para petani terpenuhi. Menurutnya, petani sangat membutuhkan teknologi tersebut.

"Ada beberapa hal yang juga dibutuhkan oleh petani yang memang memerlukan proses yang berkaitan dengan penggunaan alat-alat, sarana prasarana yang berkaitan dengan teknologi. Dan tadi diminta oleh para petani mengenai mesin panen, traktor, dan hal-hal yang lainnya. Ini akan kita penuhi karena ini sangat dibutuhkan sekali oleh para petani di sini," jelasnya.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi didampingi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/29/144516978/panen-raya-di-malang-presiden-jokowi-produksi-padi-harus-dihitung-secara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke