Salin Artikel

Mulai Juni, 400 Ton Sampah Tangsel Per Hari Dibuang ke TPA Cilowong Serang

Mulai Juni 2021 nanti, sebanyak 400 ton perhari sampah dari Kota Tangerang Selatan akan ditampung di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Cilowong, Kecamatan Taktakan, Serang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, Ipiyanto mengatakan, berdasarkan perjanjian kerja sama kedua daerah pengelolaan sampah disepakati dilakukan selama tiga tahun

"Kemarin (penandatangan kerja sama) disaksikan oleh kedua kepala daerah. Kami kepala DLH Kota Serang dan Tangsel telah menandatangani kerjasama tersebut," kata Ipiyanto kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

Dijelaskan Ipiyanto, untuk memulai pelaksanaan pembuangan sampah ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh kedua daerah.

"Pertama, dikarenakan bahwa perjanjian kerjasama ini baru ditandatangani di pertengahan tahun, sudah barang tentu ini harus dilakukan pergeseran kegiatan keuangannya," ujar Ipiyanto,

Kedua, lanjut Ipiyanto, kedua daerah akan mencoba untuk menyesuaikan dengan sistem keuangan. Setelah selesai seluruhnya, maka akan dimulai kegiatan-kegiatan secara teknis.

"Kalau pelaksanaan mekanismenya pembuangan sampahnya kalau kita kan membuat schedule di bulan Juni Minggu pertama atau Minggu kedua," kata Ipiyanto.

Pada perjanjian kerja sama tersebut, Pemkot Serang meminta tiga unit alat berat atau excavator untuk menambah sarana dan prasarana pendukung pengolahan sampah di TPAS Cilowong.

Selain itu, permintaan warga sekitar TPAS Cilowong adanya pembangunan bronjong untuj mengantisipasi longsor akan direalisasikan.

"Untuk pembangunannya penahan TPAS Cilowong, bronjong juga,  infrastruktur jalannya baik di dalam, jadi harus kita antisipasi secara keseluruhan," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/28/134738678/mulai-juni-400-ton-sampah-tangsel-per-hari-dibuang-ke-tpa-cilowong-serang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke