Salin Artikel

PSU Pilkada Sabu Raijua Digelar 7 Juli, Anggaran Penyelenggaraan Capai Rp 5,7 Miliar

Juru bicara KPU Kabupaten Sabu Raijua Daud Pau mengatakan, surat keputusan penyelenggaraan PSU telah dikeluarkan pada Rabu (21/4/2021).

"Untuk persiapan PSU, kami sudah lakukan koordinasi secara hirarki berjenjang," kata Daud kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (28/4/2021).

Pihaknya sebagai penyelenggara, lanjut Daud, telah mengajukan anggaran ke pemerintah daerah.

Daud menuturkan, untuk rencana anggaran dan biaya, KPU sudah melakukan pembahasan dengan tim keuangan daerah Kabupaten Sabu Raijua.

"Dalam pembahasan itu menghasilkan angka Rp 5,7 miliar untuk anggaran PSU," ujar Daud.

Selain itu, kata Daud, KPU Sabu Raijua juga sudah menggelar rapat koordinasi serta sosialisasi terkait jadwal tahapan PSU dengan sejumlah peserta.

Di antaranya pasangan calon, penjabat bupati, DPRD, Kepolisian, Danramil, Danpos AL, Kominfo, Kesbangpol, Bawaslu, dan pimpinan partai politik. Hadir pula ketua dan anggota KPU Provinsi NTT.

Daud menjelaskan, untuk proses selanjutnya, tidak dilakukan pemutakhiran data pemilih. Namun tetap dilakukan pencermatan data pemilih yang akan dilakukan hari ini.

"Pasca pembukaan kotak pada tanggal 24 April, dengan inti percermatan adalah pada daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih pindahan (DPPh), dan faftar pemilih tambahan (DPTb), Pilkada 9 Desember 2020 yang lalu," kata Daud.


Sejauh ini, Daud tak menghadapi kendala. Ia berharap dukungan dari seluruh pihak demi suksesnya PSU Pilkada Sabu Raijua.

"Khususnya para peserta pilkada dapat mengikuti prosedur dan aturan yang ada dan menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik antarpeserta. Karena siapa pun pemimpinnya itu adalah yang dikehendaki Tuhan," kata Daud.

Sebelumnya, MK memerintahkan KPU menggelar pemungutan suara ulang dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020.

Hal itu diputuskan dalam sidang putusan atas perkara yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 3 yakni Takem Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba.

"Memerintahkan termohon (KPU) untuk melaksanakan pemungutan suara ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Tahun 2020," kata Ketua MK Anwar Usman dalam sidang yang disiarkan secara daring, Kamis (15/4/2021).

MK pun membatalkan kemenangan pasangan nomor urut 02 Orient Patriot Riwu Kore dan Thobias Uly Orient Patriot. Orient terbukti masih merupakan warga negara (WN) Amerika Serikat (AS).(K57-12).

https://regional.kompas.com/read/2021/04/28/110130778/psu-pilkada-sabu-raijua-digelar-7-juli-anggaran-penyelenggaraan-capai-rp-57

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke