Salin Artikel

Agar Warga Melek Budaya, Museum Aksara Nusantara Akan Didirikan di Bandung

Wakil ketua Pandi Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Marketing Heru Nugroho mengatakan, upaya pembangunan museum ini menjadi pendamping upaya digitalisasi aksara nusantara yang digarap Pandi dan komunitas dengan dukungan pemerintah daerah.

"Diharapkan nantinya museum ini akan memberikan banyak informasi perkembangan aksara-aksara di nusantara, termasuk artefak-artefak yang digunakan dari zaman ke zaman," kata Heru melalui rilis ke Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Rencananya, musem ini akan didirikan di Bandung. Hal ini sejalan dengan komitmen Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk mengawal aksara nusantara, terutama aksara Sunda, agar tidak tergeser bahasa asing.

Filolog Indonesia, Manu J. Widyaseputra atau Romo Manu memberikan dukungan upaya Pandi ini. Menurut dia, potensi kekayaan alami yang terkandung dalam budaya aksara dan Bahasa nusantara tidak terpelihara dengan baik dan di manfaatkan semaksimal mungkin di Indonesia.

Akibatnya, banyak orang Indonesia tidak tahu peradabannya sendiri. "Padahal, sumber-sumber peradaban tersebut tertuang dalam naskah-naskah yang menggunakan bahasa daerah, yang mungkin oleh sebagian orang dipandang primitif," katanya.

Dia menambahkan, kondisi bahasa Indonesia yang “miskin” perbendaharaan kata berdampak pada hasil penerjemahan naskah kuno yang seakan-akan menjadi bahasa “rusak”.

Romo Manu memberi contoh beberapa buku hasil terjemahan naskah kuno ke dalam bahasa Indonesia, makna keberadabannya seakan-akan jadi hilang. Mirisnya justru terjemahan dalam bahasa Inggris masih lebih baik.

"Naskah-naskah yang ditulis menggunakan Jawa Kuno mengandung banyak sekali informasi, termasuk bidang-bidang teknologi. Kalau kita tidak paham bahasa Sanskerta, tidak paham bahasa Jawa Kuno, jangan harap menemukan makna. Data (tentang naskah) banyak sekali, tapi perhatiannya yang kurang,” pungkas Romo Manu.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/27/174953878/agar-warga-melek-budaya-museum-aksara-nusantara-akan-didirikan-di-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke