Salin Artikel

Bio Farma: Distribusi 3,8 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tunggu Instruksi Kemenkes

Dosis vaksin tersebut merupakan pengiriman gelombang kedua.

Sebelumnya, Bio Farma menerima vaksin AstraZeneca gelombang pertama sebanyak 1 juta dosis pada 3 Maret 2021.

Vaksin tersebut telah didistribusikan.

"Jadi, jumlah vaksin finish product kemasan multidose dari AstraZeneca yang sudah diterima Bio Farma sebanyak 4.965.600 dosis," ujar Sekretaris Bio Farma sekaligus Juru Bicara Vaksin, Bambang Heriyanto dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa.

Bambang menjelaskan, setibanya di Bio Farma, vaksin Covid-19 yang dikemas dalam 38.520 kemasan dus ini akan disimpan di tempat penyimpanan khusus, dengan temperatur yang dijaga antara 2-8 derajat celcius.

"Kami juga akan memeriksa dokumen di internal kami, dan kami menunggu instruksi Kementerian Kesehatan untuk pendistribusiannya," ujar Bambang.

Dengan datangnya gelombang kedua dari AstraZeneca, total vaksin Covid-19 yang sudah diterima Indonesia berjumlah 67.465.600 dosis.

Kerja sama multilateral

Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca ini merupakan hasil kerja sama multilateral antara Pemerintah Indonesia dengan COVAX, CEPI, GAVI, UNICEF, dan WHO yang terkirim sebanyak 3,8 juta dosis dalam bentuk finish product.

Menteri Luar Negeri RI Retno L Marsudi mengatakan, pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri, sambil terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Retno menjelaskan, Indonesia aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia. Indonesia proaktif dalam menyediakan vaksin untuk rakyatnya sendiri dan memastikan keadilan akses vaksin di negara berkembang dan kurang maju.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/27/114514978/bio-farma-distribusi-38-juta-dosis-vaksin-astrazeneca-tunggu-instruksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke