Salin Artikel

Ketua PWNU Jatim Gratiskan Biaya Ponpes dan Sekolah bagi Anak Awak KRI Nanggala-402

Pengasuh Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad Gasek Malang itu mengatakan, anak-anak dari awak kapal selam KRI Nanggala-402 dapat langsung datang ke Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, terutama yang berasal dari Jawa Timur.

"Saya siapkan gratis (bagi anak-anak dari awak kapal selam KRI Nanggala-402), kalau mau mondok dan sekolah di pondok kulo (ponpes Sabilur Rosyad)," kata KH Marzuki Mustamar saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2021).

KH Marzuki Mustamar menyampaikan, pondok pesantrennya sama seperti pondok salaf NU lainnya, namun ada pendidikan formal jenjang SMP dan SMA, serta banyak pula santri yang kuliah di pesantren tersebut.

Ia menyampaikan, PWNU Jatim juga menyiapkan paket beasiswa sekolah dan mondok ke beberapa pesantren dan sekolah NU di Jatim, lewat jaringan Asosiasi Pesantren (RMI) NU dan PW LP Maarif NU Jatim.

Duka menyelimuti Indonesia setelah KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur.

Sebelum dinyatakan tenggelam, kapal selam buatan Jerman tersebut dilaporkan hilang kontak pada Rabu (22/4/2021) dini hari, saat melakukan latihan di perairan utara Pulau Bali.

Beberapa hari setelah pencarian, kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudho Margono mengatakan, kapal selam tersebut ditemukan terbelah menjadi tiga bagian.

"Ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala, jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian," kata Yudo dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (25/4/2021).

Kondisi kapal terbelah menjadi tiga bagian dan tenggelam di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/27/064927078/ketua-pwnu-jatim-gratiskan-biaya-ponpes-dan-sekolah-bagi-anak-awak-kri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke