Salin Artikel

Ganti Semua Ketua RT dan RW, Wali Kota Makassar Siapkan 6.000 Pj

Kini, Danny sedang menyiapkan aturan untuk menunjuk penjabat (Pj) sebagai ketua RT dan RW sementara.

"Sekarang saya minta bikin lagi keputusan wali kota tentang mekanisme pemilihan Pj (penjabat), bukan Plt (Pelaksana Tugas). Kalau Plt itu sementara. Ini Pj. Masa (jumlah) Pj cuma tiga ? Tambah 6.000 lagi," ujar Danny, Selasa (20/4/2021).

Saat ini, Danny sedang menyusun Perwali baru pengganti Perwali Nomor 1 Tahun 2017, tentang pelaksanaan pemilihan ketua rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT).

Menurut Danny, Perwali ini yang menjadi acuan proses penunjukan ketua RT dan RW di Kota Makassar.

Pasalnya, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 41 Tahun 2001 tentang RT/RW, hanya mengatur pembentukan pengurus, dan tidak mengatur teknis pemilihan Ketua.

"Ini kan ada opini yang dibangun bahwa kita melanggar perda 41. Perda 41 itu mengatur tiga hal. Pertama pembentukan LPM (lembaga pemberdayaan masyarakat), pembentukan RT, dan pembentukan RW di wilayah, artinya ini institusi," ujar Danny.

"Kedua, dia mengatur tentang pengurus, jadi kepengurusan RT/RW, dan LPM. Tidak pernah mengatur soal ketua RT, dan ketua RW," lanjutnya.

Danny mengatakan, meski ketua sudah masuk dalan kepengurusan, tapi Perda tidak mengatur teknis pemilihannya.

"Karena pemilihan ketua umum dulu, baru pemilihan pengurus. Sementara di Perda 41 itu tidak mengatur pemilihan ketua RT dan ketua RW. Dia hanya mengatur pemilihan pengurus. Tidak ada urusannya dengan ini," terangnya.


Adapun alasan penggantian Perwali Nomor 1 Tahun 2017 tersebut, karena adanya penambahan fungsi ketua RT dan RW.

"Kenapa saya mau ganti? Karena ada fungsi RT/RW untuk pendapatan kota, ada fungsi untuk smart city, ada fungsi untuk pengendalian sensor sosial, termasuk terorisme, dan lain-lain," jelas Danny.

Karena Perwali yang lama telah dibatalkan dan diganti dengan Perwali baru, maka Danny menganggap para ketua RT dan RW saat ini otomatis berstatus demisioner.

"Apa yang melanggar hukum kalau Perwalinya saya ganti? Berarti otomatis semua demisioner karena dasar hukumnya saya ganti," tegasnya.

Terkait teknis pemilihan Pj ketua RT dan RW, Danny mengatakan akan menyiapkan tim penilai.

"Kasih masuk saja semua nama, merekrut tiga nama, nanti ada tim yang memilih dan memberi penilaian. Dilihat kemampuannya, dan diuji," jelasnya.

Sementara untuk pemilihan ketua RT/RW pada 2022 mendatang, tetap merupakan pemilihan langsung seperti sebelumnya.

"Intinya kalau lancar, targetnya kalau sebulan ini sudah selesai," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Danny Pomanto: Saat Ini Semua Ketua RT/RW di Makassar Berstatus Demisioner, Siapkan 6.000 Pj.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/21/080646378/ganti-semua-ketua-rt-dan-rw-wali-kota-makassar-siapkan-6000-pj

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke