Salin Artikel

Komplotan Pencuri Bobol Toko Ponsel, Uang Kasir dan Ratusan Ponsel Raib

BLITAR, KOMPAS.com - Sebuah toko ponsel di Kabupaten Blitar dibobol kawanan pencuri pada Minggu (18/4/2021) dini hari saat toko kosong tak dijaga.

Walhasil, uang jutaan rupiah dan ratusan unit ponsel pintar raib digondol kawanan maling.

Peristiwa pencurian itu menimpa toko Semeru Cell yang berada di kompleks pertokoan di Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Uang di laci kasir sekitar Rp 7,7 juta juga diambil selain 150 hingga 200 unit hape (ponsel)," ujar pengelola toko Indartono, kepada wartawan, Senin (19/4/2021).

Kerugian yang diderita tokonya, ujar Indartono, setidaknya mencapai Rp 300 juta.

"Jika setiap unit rata-rata seharga Rp 2 juta, berapa nilai total yang dicuri? Ratusan juta," ujar dia.

Indartono mengatakan, berdasarkan rekaman kamera pengawas CCTV yang dipasang di dalam toko dan luar toko, jumlah pencuri sekitar enam orang.

Mereka masuk ke dalam toko dengan cara membuka paksa pintu toko, kemudian mengambil ponsel dari etalase.

"Mereka sudah menyiapkan dua kantong untuk membawa ponsel, dan ternyata dua kantong itu tidak cukup menampung ponsel dari toko kami, akhirnya mereka mengambil kantong plastik sampah untuk membawa sisa ponsel," ujar Indartono, menceritakan proses pencurian yang terekam CCTV.

Dia mengatakan, pencuri tidak mengambil seluruh ponsel dari tokonya dan menyisakan ponsel dengan merek-merek tertentu yang harganya murah.

Selanjutnya, kata dia, kawanan pencuri membuka paksa laci di meja kasir dan membawa uang hasil penjualan selama sehari sebelumnya sebesar Rp 7,7 juta.

Kawanan pencuri tersebut kemudian kabur dengan mengendari mobil Toyota Avanza.


Pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan telah ditindaklanjuti dengan olah tempat kejadian dan pemasangan garis polisi.

Dia menduga pencuri tersebut telah beroperasi di sekitar wilayah Kecamatan Srengat dan merupakan spesialis pencurian toko ponsel.

Sebelumnya, ujar Indartono, tiga toko ponsel yang lain juga dibobol maling dan hingga kini pelaku belum berhasil ditangkap.

Dia menduga pelaku pencurian toko ponsel itu merupakan kelompok yang sama.

Dari rekaman CCTV, dia menyimpulkan kawanan pencuri menjalankan aksinya dengan sistematis dan cepat.

"Satu orang di kemudi kendaraan, satu orang berjaga di luar toko, dan empat orang masuk ke toko untuk mengambil barang curian," ujar dia.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aksinya, ujar Indartono, juga cukup singkat yaitu kurang dari 30 menit.

Dikonfirmasi, Kasubbag Humas Polres Blitar Kota Iptu Ahmad Rochan membenarkan adanya laporan kasus pencurian di wilayah Kecamatan Srengat.

Rochan mengatakan, polisi sedang melakukan penyelidikan kasus tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/19/180254878/komplotan-pencuri-bobol-toko-ponsel-uang-kasir-dan-ratusan-ponsel-raib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke