Salin Artikel

Wagub Jabar: Warga Jangan Abaikan Peringatan Siklon Tropis 94W

Uu minta semua masyarakat merespons sinyal alam mengenai potensi bencana.

Masyarakat diminta menyeimbangkan pola kehidupan dengan alam.

"Waspadai sinyal alam, misalkan jaga kebersihan lingkungan supaya tak banjir, jangan tebang pohon sembarangan supaya tak longsor dan jangan membuang sampah sembarangan," ujar Uu kepada wartawan di Masjid BRP Cipedes, Kota Tasikmalaya, Rabu (14/4/2021).

Uu pun meyakini prediksi hasil penelitian Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan hasil analisis keilmuan.

Untuk itu, Pemda sudah seharusnya menindaklanjuti supaya tidak terjadi kepanikan dan tidak menimbulkan korban sekalipun bencana yang diprediksi terjadi.

"Ini hasil prediksi dengan keilmuan, musim hujan sekarang Desember-Januari akan terjadi hujan dan memang terjadi. Harus mewaspadai, jangan abaikan. Sekarang kita bisa sedia payung sebelum hujan istilahnya. Kewaspadaan kita terhadap bencana harus semakin meningkat," kata dia.

Uu langsung berkoordinasi dengan pemerintah daerah di Jawa Barat untuk langsung menyosialisasikannya ke masyarakat.

Apalagi melihat kondisi cuaca buruk di wilayah Jabar yang hampir tiap hari terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

"Iya, sekarang saja tiap sore hari di Tasikmalaya selalu hujan deras, angin dan disertai petir keras," ujar dia.


Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan pesan peringatan dini kesiapsiagaan bencana pada gubernur di 30 wilayah Indonesia.

Peringatan itu disampaikan menyusul informasi dari BMKG tentang ancaman bibit siklon (angina ribut) tropis 94W yang diduga akan mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan, informasi peringatan dini disampaikan agar dapat mempercepat penyebarluasan informasi peringatan bencana.

Lilik berharap, informasi tersebut dapat membuat para kepala daerah segera menyusun rencana dan pengambilan keputusan terkait upaya mitigasi.

“Selain itu, pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca eksterem, seperti puting beliung, hujan lebat, disertai kilat/petir, hujan es dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang serta jalanan licin,” kata Lilik dalam keterangan tertulis, Selasa.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/14/165524678/wagub-jabar-warga-jangan-abaikan-peringatan-siklon-tropis-94w

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke