Salin Artikel

Khofifah Minta Warga Waspada Gempa Susulan, Tapi Jangan Panik

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta warga Jatim waspada terhadap potensi gempa susulan dari gempa M 6,7 yang berpusat di perairan Kabupaten Malang Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) siang.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, namun jangan takut berlebihan sebagai antisipasi gempa susulan," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari BMKG, gempa tersebut termasuk gempa menengah.

"Gempa disebabkan karena aktivitas subduksi atau aktivitas tektonik 2 lempeng benua," ujarnya.

Khofifah mengaku ikut merasakan gempa pada Sabtu siang tadi. Saat gempa tersebut terjadi, Khofifah menyebut dirinya sedang ada kegiatan di Islamic Center Surabaya.

"Kita berdoa bersama agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, dan Jawa Timur diberi keselamatan oleh Allah SWT," harapnya.

Menurut Khofifah, tim BPBD Kabupaten Kota dan juga dari BPBD Provinsi Jatim sudah turun ke titik-titik yang membutuhkan reaksi tanggap kebencanaan dan evakuasi.

"Kita sudah mengirimkan tim untuk turun langsung ke titik-titik yang mengalami dampak parah. Lokasi pengungsian juga akan disiapkan jika dibutuhkan," jelasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang.

Pusat gempa yang berada di lepas pantai memiliki kedalaman 25 kilometer. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa ini juga dilaporkan terasa di Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Turen, dan Banjarnegara. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/10/195145278/khofifah-minta-warga-waspada-gempa-susulan-tapi-jangan-panik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke